Jumat 27 Oct 2017 18:02 WIB

Tiga Klub Ini Berpeluang Mewakili Indonesia di Level Asia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Djoko Driyono
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Djoko Driyono

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tiga dari enam klub papan atas klasemen sementara di Liga 1 2017 memiliki peluang tampil di Liga Champions Asia dan Piala AFC 2018. Tiga klub tersebut adalah Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta.

"Tiga klub itu mengantongi lisensi klub profesional AFC 2017. Meskipun lisensi milik ketiga tim itu berstatus belum penuh. Mereka tetap punya lisensi klub profesional AFC," kata Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono, Jumat (27/10).

Djoko menerangkan, tiga klub tersebut yang punya peluang lebih besar disorongkan PSSI sebagai tim untuk ambil bagian di Liga Champions dan Piala AFC musim mendatang. "Mereka punya peluang. Tapi apakah nanti mereka yang diajukan, kita harus tunggu Liga 1 selesai," ujar dia.

Liga 1 2017 menyisakan tiga pekan pertandingan lagi. Jika menengok posisi klasemen pekan ke-31 Liga 1, maka tiga kesebelasan tersebut bukan dari tim teratas klasemen sementara. Tetapi ketiganya ada di enam teratas klasemen sementara. Posisi tertinggi adalah Bali United yang kini ada diperingkat ketiga dengan 59 angka.

Sementara, Madura United ada di peringkat kelima dengan 54 angka. Persija Jakarta menyusul di peringkat keenam dengan 52 angka. Tiga kesebelasan itu, pada Kamis (26/10), resmi menerima keputusan Komite Lisensi PSSI tentang klub profesional berstandar AFC. Meskipun dengan catatan masih kurang pada kriteria B.

Kriteria B aspek yang tetap wajib dipenuhi klub profesional tak menghalangi pemberian lisensi. Pada hari yang sama, Komite Lisensi PSSI juga memberikan status lisensi AFC penuh kepada Arema FC dan Persib Bandung. Lisensi AFC menjadi syarat mutlak bagi tim-tim di Indonesia untuk bisa tampil di kompetisi level Asia musim mendatang.

Sementara, tiga tim teratas Liga 1 lainnya dinyatakan tak lolos verifikasi lisensi AFC. Tiga tim tersebut, yakni PSM Makassar yang saat ini ada di puncak klasemen dengan 61 angka. Lalu, Bhayangkara FC yang kini ada di peringkat kedua dengan 59 angka. Terakhir, ada Persipura Jayapura yang kini di peringkat keempat dengan 56 angka.

AFC memberikan jatah tiga tim Indonesia untuk tampil di dua gelaran Liga Champions Asia dan Piala AFC. Pada Liga Champions, Indonesia punya jatah satu klub lewat babak play-off. Dua jatah lainnya, pada Piala AFC. Djoko menambahkan, PSSI hanya akan menyorongkan tiga tim teratas di Liga 1 untuk dua gelaran tersebut.

Namun AFC membolehkan Indonesia mendaftarkan klub-klubnya sampai pada peringkat kesembilan. Itu dilakukan jika klub-klub peringkat satu sampai tiga Liga 1 tak lolos uji lisensi. Sementara tim yang lolos penuh lisensi AFC, Arema saat ini ada di peringkat kesembilan klasemen Liga 1 dengan 46 angka. Adapun Persib masih terlempar dari 10 besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement