Ahad 29 Oct 2017 01:03 WIB

Dua Gol Higuain Permalukan Milan di San Siro

Gonzalo Higuain
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Gonzalo Higuain

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Gonzalo Higuain menjadi mimpi buruk AC Milan saat menjamu Juventus pada laga pekan ke-11 Serie A. Higuain memborong gol kemenangan saat Juventus mempermalukan Milan 2-0 di San Siro, Sabtu (28/10).

Tambahan tiga angka membuat Nyonya Tua kini berada di posisi kedua klasemen sementara dengan nilai 28. Juventus menyamai perolehan angka pemuncak klasemen Napoli yang baru akan bermain pada Ahad (29/10).

Laga kedua tim berjalan dalam tempo sedang. Milan yang berusaha mengambil inisiatif serangan dibuat kesulitan oleh rapatnya pertahanan Juventus yang menempatkan Juan Cuadrado sebagai bek ekstra saat Milan menyerang. Dengan lima pemain bertahan di belakang, lini depan Milan dibuat kesulitan untuk memberikan ancaman ke gawang Gianluigi Buffon.

Sementara Juventus beberapa kali berusaha mencuri gol dengan serangan cepatnya yang terskema dengan baik. 

Higuain menjadi pemecah kebuntuan. Ia menjebol gawang Gianluigi Donnarumma pada menit ke-23 lewat tendangan keras dari tepi kotak penalti.

Gol ini semestinya tak terjadi andai para bek Milan lebih rapat menjaga Higuain. Sebab striker Argentina ini tak dalam kondisi bebas.

Namun, jarak renggang yang didapatnya saat menerima bola operan Paulo Dybala membuat Higuain memutuskan melepaskan tendangan. Keputusan yang berbuah manis karena Donnarumma yang sudah berusaha menerkam kalah cepat dari laju bola. Tak heran kiper cadangan timnas Italia itu berang dengan penjagaan rekan-rekannya. 

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Juventus 1-0.

Milan yang tak mau dipermalukan berusaha keras menyamakan kedudukan. Namun upaya Rossoneri berhasil dimentahkan Juventus. Tim tamu justru beberapa kali mengancam lewat serangan balik.

Hingga pada menit ke-63 Juventus memperbesar keunggulan kembali lewat Higuain. Gol berawal dari Kwadwo Asamoah yang menggiring bola ke pertahanan Milan. Ia kemudian melepas operan silang menyusur tanah. Dybala seolah hendak menyambut bola, tapi ternyata ia membiarkannya menuju Higuan.

Gerak tipu ini membuat Higuain dengan sempurna mendapatkan bola. Dengan satu gerakan membawa bola sedikit keluar, penyerang timnas Argentina ini mendatar yang melengkung mengenai tiang sebelum menggetarkan gawang. Upaya Ricardo Rodriguez meregangkan kaki dan terkaman Donnarumma tak kuasa menahan laju bola.

Usai gol kedua ini Milan makin menggencarkan serangan. Tapi rapatnya pertahanan Juventus membuat Rossoneri frustrasi. Tercatat hanya sekali upaya Kalinic sempat menimbulkan ancaman ke gawang Buffon. Sebaliknya, Juventus melalui Dybala dan Cuadrado beberapa kali membuat bek Milan jatuh bangun lewat pergerakan mereka dari sayap. Kekalahan ini membuat Milan tertahan di posisi delapan dengan nilai 16. Posisi tim asuhan Vincenzo Montella bisa turun tergantung hasil pertandingan pekan ke-11 lainnya yang baru akan berlangsung Ahad.

Lihat gol Higuain ke gawang AC Milan: (sumber: Youtube)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement