Ahad 29 Oct 2017 22:50 WIB

Menpora: Cabang Olahraga Prioritas Asian Games Masih Dinamis

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan jumlah cabang olahraga prioritas Asian Games 2018 masih dinamis. Entah itu sesuai ketetapan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas yakni sebanyak 23 cabor atau 16 cabor seperti proyeksi Komite Olahraga Nasional Indonesia.

"Ini masih dinamis ya, jadi belum ditetapkan apakah jumlahnya 24 atau 16 cabang olahraga, kami akan update perkembangannya segera," kata Imam saat ditemui di Padang, Ahad (29/10).

Untuk sementara, Imam mengatakan, jumlah yang ditetapkan oleh Satlak Prima akan dipertahankan hingga keputusan akhir ditetapkan yang kemungkinan hingga bulan Januari 2018. "Jadi memang hingga saat ini akan dipertahankan jumlah cabang olahraga yang pertama kali ditetapkan dan seiring waktu, akan dievaluasi dengan melihat uji coba dan kejuaraan yang dilakukan kemungkinan hingga Januari akan ditetapkan," ujarnya.

Hal itu, Imam menambahkan, akan menjadi tolak ukur target Indonesia di Asian Games apakah bisa tercapai atau tidak. "Artinya dengan demikian jumlah medali juga akan disesuaikan mengikuti perkembangan cabang olahraga ini sendiri," tuturnya.

Sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memproyeksikan 16 cabang olahraga prioritas kontingen Merah-Putih menjelang Asian Games 2018 menyusul 23 cabang olahraga prioritas yang telah ditetapkan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

"Kami baru membaca ada 16 cabang olahraga. Tapi, kami akan mematangkan lebih lanjut karena semakin banyak cabang yang berpotensi berarti semakin bagus," kata Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Suwarno selepas rapat koordinasi KONI dengan pengurus cabang-cabang olahraga, Jakarta, Senin (23/10).

Pertemuan KONI dengan pengurus induk cabang-cabang olahraga itu termasuk pemetaan nomor-nomor potensial medali bagi Indonesia dalam Asian Games 2018. Meskipun menolak untuk menyebut 16 cabang olahraga itu, Suwarno mengatakan sebanyak 16 cabang olahraga prioritas itu bukan hanya untuk atlet-atlet utama tetapi juga atlet-atlet pelapisnya.

Satlak Prima menetapkan 23 cabang prioritas jelang Asian Games 2018. Cabang-cabang itu adalah angkat besi, atletik, balap sepeda, bola boling, bridge, bulu tangkis, dayung, jet ski, judo, karate, kano, menembak, panahan, panjat tebing, paralayang, pencak silat, renang, soft-tenis, taekwondo, tinju, voli pantai, dan wushu.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement