Senin 30 Oct 2017 15:45 WIB

Dikabarkan Incar Rahmad Darmawan, Ini Kata Komisaris Persib

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Pelatih Rahmad Darmawan.
Foto: Antara
Pelatih Rahmad Darmawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Persib Bandung disebut-sebut sedang mengincar tanda tangan pelatih lokal berprestasi Rahmad Darmawan untuk Liga 1 musim depan. Maung Bandung menyiapkan kursi untuk pelatih kepala baru setelah prestasi mereka menurun selama Liga 1 2017 ini.

Rumor berkembang di awak media bahwa Persib saat ini mendekati coach RD yang sedang berstatus sebagai pelatih klub Liga Super Malaysia T-Team FC.

"(RD) Baru masuk radar, kami masih membahasnya, banyak yang harus dipertimbangkan," kata Komisaris Utama Persib Zainuri Hasyim kepada wartawan, Senin (30/10).

Sejak ditinggalkan Djadjang Nurdjaman Juli lalu, posisi pelatih kepala Persib kerap kosong. Persib ditangani asisten Herrie Setyawan sebagai caretaker.

Sebulan setelahnya, Persib menunjuk Emral Abus sebagai pengganti Djadjang. Namun Emral tidak konsisten selalu ada untuk pemain Maung Bandung. Pria asal Sumatra Barat itu belum bisa meninggalkan jabatan lamanya sebagai instruktur pelatih yang hendak mengambil lisensi B dan C AFC.

Emral jarang hadir memantau latihan Persib. Beberapa laga ia juga sempat absen dan melimpahkan tugas kepada Herrie. (Baca juga: Sriwijaya FC tak Mau Jadi Lumbung Gol Bali United)

Persib tak mau kondisi seperti ini berlanjut hingga musim depan. Maung Bandung ingin mencari pelatih yang tepat untuk menangani Michael Essien dan kawan-kawan.

Selain coach RD, nama lain yang santer diberitakan berpeluang merapat ke Pangeran Biru adalah bekas pelatih Persib asal Serbia Dejan Antonic, pelatih PSM Robert Rene Alberts hingga bekas pelatih Persiba Balikpapan Milomir Seslija.

Zainuri tak menampik adanya pembicaraan tentang nama-nama tersebut. Tapi, kata dia, manajemen Persib belum mau buru-buru menentukan pelatih baru. Ia ingin timnya fokus menyelesaikan kompetisi Liga 1 yang masih tersisa tiga laga lagi buat Persib. Setelah itu barulah

Persib gencar menyiapkan tim untuk musim depan. Selain pelatih kata Zainuri, Persib juga akan menata ulang pemain-pemain untuk musim depan. Kemungkinan akan ada yang didepak dan juga mendatangkan pemain baru.

"Persib kan punya daya tarik, kalau banyak pemain yang ingin masuk, itu wajar," kata Zainuri.

Andai nanti Persib lebih memprioritaskan pelatih asli Indonesia, nama RD menjadi kandidat kuat. Rahmad adalah pelatih yang sudah kenyang pengalaman di sepak bola Tanah Air baik sebagai pemain sampai maupun  pelatih.

RD sudah pernah membawa Persipura Jayapura menjadi juara Liga Indonesia pada 2005. Ketika pindah ke Sriwijaya FC, pelatih

berusia berusia 50 tahun itu juga mempersembahkan satu gelar juara Liga Super Indonesia pada tahun 2008 dan tiga gelar Copa Indonesia yakni pada edisi 2007-2008, 2008-2009, dan 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement