Selasa 31 Oct 2017 12:40 WIB

Dirut Persija Angkat Bicara Soal Laga Usiran Skuatnya

Rep: Ali Mansur/ Red: Endro Yuwanto
Persib Vs Persija
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Persib Vs Persija

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang berakhirnya kompetisi Liga 1, Persija Jakarta harus melakoni laga usiran ke Stadion Manahan Solo pada Jumat (3/10). Padahal tim berjulukan Macan Kemayoran itu bakal menggelar laga krusial nan bergengsi menjamu rival abadinya, Persib Bandung.

Terkait laga usiran itu, Direktur Utama Persija, Gede Widiade angkat bicara. Meski laga usiran tersebut merugikan Persija, mengingat animo penonton sangat besar untuk menyaksikan laga Persija-Persib, namun Gede Widiade memahami alasan Persija tidak bisa memakai Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Menurut Gede Widiade, faktor izin keamanan yang tidak turun menjadi penyebab utama. Ada gerakan aktivitas menganggu kestabilan keamanan khususnya suporter Persija. Hal ini menyebabkan izin untuk laga Persija-Persib tidak turun. "Saya bisa mengerti dan memahami," ujar Gede, Selasa (31/10).

Bakal calon ketua umum Asprov PSSI DKI itu menjelaskan alasan mengapa Kota Solo yang menjadi venue laga besar itu. Menurutnya, pihak kepolisian Solo tidak perlu melakukan penambahan personel, mengingat pasukan keamanan sudah di Solo untuk menjaga keamanan pernikahan putri Presiden RI Joko Widodo. "Jadi tidak perlu tambahan pasukan lain. Cukup Polres Surakarta, Brimob, dan Polda Jateng," jelasnya.

Lanjut Gede Widiade, meski bermain di tempat netral pihak kepolisian tetap melarang pendukung Maung Bandung untuk datang langsung ke Solo. Itu dilakukan sebagai bentuk respect ketika Persija bertandang ke markas Persib pada putaran pertama Liga 1. The Jakmania julukan pendukung Persija Jakarta juga tidak bisa menyaksikan tim kesayangannya bermain di Bandung.

"Walau di tempat netral, tapi permintaan kepolisian tetap pertandingan di Solo tanpa penonton Persib. Sementara untuk tiket tidak dijual bebas, hanya Jakmania. Pastinya hal ini dilakukan demi keamanan," tutur Gede Widiade.

Saat ini Persija Jakarta tengah onfire usai menang dramatis 2-1 atas tuan rumah Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (28/10). Berkat kemenangan itu Bambang Pamungkas dan kawan-kawan bertengger peringkat enam klasemen sementara Liga 1.

Namun Persib juga memiliki modal bagus, usai mengalahkan tamunya, Mitra Kukar dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (27/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement