Selasa 31 Oct 2017 20:48 WIB

Sempat Ditunda, Perempat Final Liga 2 Mulai Pekan Depan

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
logo Liga 2 Indonesia
Foto: liga-indonesia.id
logo Liga 2 Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PSSI dan operator kompetisi Liga Indonesia Baru (LIB) bersama klub-klub Liga 2 2017, sepakat memulai babak perempatfinal pada Kamis (9/11) pekan depan. Babak delapan besar tersebut dipastikan akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga dan Wibawa Mukti di Bekasi, Jawa Barat.

Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal (Letjen) Edy Rahmayadi memastikan berlanjutnya Liga 2 tersebut dengan putaran perempatfinal akan berlangsung sampai 16 November. “Sekarang kami sudah tentukan format ini dan memulai kembali Liga 2 pekan depan,” kata dia di Makostrad, Jakarta, Selasa (31/10).

Edy yang juga Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu mengaku terpaksa menghentikan sementara kompetisi tersebut dengan pertimbangan keamanan.

Putaran perempatfinal Liga 2 semula digelar pada Sabtu (21/10). Namun, sejumlah insiden dan kerusuhan pada putaran akhir babak 16 besar membuat kompetisi kasta kedua di Tanah Air itu dihentikan sementara. 

Ada delapan kesebelasan yang akan melanjutkan kompetisi Liga 2. Dari Grup X ada Persis Solo, dan PSMS Medan, serta Kalteng Putera dan Martapura FC. Edy mengatakan pertandingan pada grup ini akan difokuskan di Stadion Wibawa Mukti.

Dari Grup Y, pertandingan empat kesebelasan akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga. Empat klub tersebut, yakni PSIS Semarang, PSPS Pekan Baru, dan PS Mojokerto Putera serta Persebaya Surabaya.  

Edy menerangkan penunjukkan Bekasi sebagai tuan rumah sekaligus menganulir ajuan diri tiga tim tuan rumah. Pada pertengahan Oktober, tiga kesebelasan seperti Persis, PSMS, dan Persebaya mengajukan diri sebagai tuan rumah. 

Tapi PSSI dan LIB mengatakan, kondisi tak kondusif Liga 2 memaksa operator mencari tempat yang netral. Menurut Edy, pilihan menjadikan Bekasi sebagai lokasi tuan rumah babak perempatfinal sudah tepat. 

Menurut dia, dua stadion tersebut, wilayah netral bagi setiap klub peserta Liga 1. Jenderal bintang tiga itu mengatakan, agar lebih mudah memonitor keamanannya.

Selain menetapkan tanggal pemutaran kembali babak perempat final, PSSI bersama LIB juga klub-klub peserta sementara ini sepakat dengan jadwal laga semifinal dan final. Edy mengatakan, semifinal bakal digelar pada 22 November sedangkan final digelar tiga hari setelahnya. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement