Selasa 07 Nov 2017 10:58 WIB

Ventura Sebut Pemanggilan Jorginho ke Azzurri Bukan Politis

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Jorginho (kiri).
Foto: Cesare Abbate/ANSA via AP
Jorginho (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Pelatih tim nasional Italia, Giampiero Ventura menegaskan, pemanggilan Jorginho bukan keputusan politik. Gelandang Napoli kelahiran Brasil itu masuk dalam skuat Gli Azzurri kontra Swedia pada babak play-off Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, Jorginho telah memiliki dua caps di La Nasionale. Namun dua pertandingan tersebut masih dalam level persahabatan. Sehingga dalam aturan FIFA, Jorginho masih bisa memilih akan terus membela Italia atau Brasil.

Namun, kesempatan bagi Brasil tertutup sudah. Ini setelah Ventura memanggil Jorginho pada laga resmi. "Ini tidak ada kaitannya dengan politik. Dia baik-baik saja. Saya sudah bilang, sebelumnya di tidak dipanggil, karena kami memainkan formasi yang tidak sesuai karakternya," kata allenatore 69 tahun dalam konferensi pers, dikutip dari Football Italia, Selasa (7/11).

Selama kualifkasi, Ventura lebih banyak memakai formasi 4-2-4. Kini dengan pemanggilan Jorginho, ada kemungkinan pakem Gli Azzurri berubah menjadi 3-5-2, atau 4-3-3.

"Kami hanya perlu mempersiapkan pertandingan ini dengan tenang dan tekad yang kuat," ujar eks juru taktik Torino FC ini.

Meski kelahiran Brasil, Jorginho adalah keturunan Italia. Keluarganya berasal dari Lusiana, Veneto, dan sejak belia bermain untuk Hellas Verona. Ini membuat Jorginho bisa memilih dua negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement