Kamis 09 Nov 2017 15:31 WIB

Dick Advocaat Lengser dari Jabatan Pelatih Timnas Belanda

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Dick Advocaat
Foto: AP Photo/Darko Vojinovic
Dick Advocaat

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Dick Advocaat tak tertarik untuk melanjutkan pekerjaannya di timnas Belanda usai ditunjuk sebagai pelatih sejak pemecatan Danny Blind bulan Maret 2017. Pelatih kawakan berusia 70 tahun ini akan meletakkan jabatannya setelah Belanda melakoni dua laga persahabatan melawan Skotlandia dan Rumania dalam dua pekan ke depan.

"Itu akan jadi dua laga terakhir saya. Sudah diputuskan, saya tak akan melanjutkan pekerjaan ini," kata Advocaat jelang laga kontra Skotlandia dikutip dari Sky Sports, Kamis (9/11).

Sosok yang sudah berkarier sebagai peletih sejak tahun 1980 ini mengatakan, setelah nanti meninggalkan kursi pelatih Belanda, ia belum tahu akan melanjutkan pekerjaan di mana. Advocaat juga tidak memastikan apakah ia akan tetap melatih atau tidak.

"Setelah pergi saya akan beristirahat dulu. Tapi seperti yang dikatakan Louis van Gaal (sesama pelatih senior asal Belanda), saya tidak akan mengatakan 'tidak' untuk semua kemungkinan yang ada," kata mantan pelatih timnas Korea Selatan, Belgia, Uni Emirat Arab, Rusia, dan Serbia ini.

Advocaat tak mampu mengantarkan Belanda lolos ke Rusia meski sukses memberikan empat kemenangan di fase kualifikasi Piala Dunia 2018 sejak Blind dipecat. Pada fase tersebut, Belanda kalah bersaing dari Prancis dan Swedia yang sama-sama menghuni Grup A.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement