Ahad 12 Nov 2017 16:11 WIB

Emral Ingin Berikan Kemenangan Sebagai Kado Perpisahan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Pelatih Persib Bandung, Emral Abus.
Foto: REPUBLIKA/Febrian Fachri
Pelatih Persib Bandung, Emral Abus.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Pelatih Persib Bandung Emral Abus bertekad memberikan kemenangan untuk Maung Bandung di laga terakhir Liga 1 2017 melawan Perseru Serui. Persib akan menjamu Perseru di Stadion Si Jalak Harupat, Ahad (12/11).

Laga ini bisa jadi sebagai ajang perpisahan pelatih asal Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu dengan Persib. Emral hampir dipastikan tak akan memperpanjang kontrak dengan Pangeran Biru. Hal itu terlihat dari geliat manajemen Maung Bandung yang sedang mengincar pelatih anyar untuk Kim Kurniawan dan kawan-kawan musim depan.

"Saya mau konsentrasi di pertandingan terakhir Persib ini. Jujur, saya bangga bisa menjadi pelatih kepala di tim besar ini. Walaupun masih belum bisa memberikan hasil yang maksimal," kata Emral, di Graha Persib, Sabtu (11/11).

Emral dikontrak Persib sejak putaran kedua Liga 1 2017. Bekas pelatih PSP Padang itu menggantikan kursi pelatih yang ditinggalkan Djadjang Nurdjaman.

Emral digaet Persib untuk sementara waktu karena kebetulan dirinya punya lisensi pelatih A AFC. Persib kesulitan mencari pelatih ketika Djadjang keluar kompetisi hampir memasuki paruh musim dan sangat sedikit pelatih berkualitas yang tersedia.

Pelatih 58 tahun tersebut bukan tahun ini saja dipercaya sebagai pelatih sementara di Persib. Pada 2015 silam, ia juga menjadi pelatih pendamping untuk Persib.

Beberapa waktu lalu saat berbincang dengan Republika di Solo, Emral mengatakan dirinya memang punya kedekatan dengan Persib Bandung. Sehingga ketika Maung Bandung perlu bantuan dirinya selalu siap.

Emral merupakan sosok yang dikenal sebagai guru besar pelatih di Indonesia. Bahkan sampai saat ini ia masih bertugas sebagai instruktur bagi pelatih yang mengambil lisensi B dan C AFC. Itulah yang menjadi alasan di beberapa laga Emral tak terlihat di bench Persib.

Pria yang juga dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan di Universitas Negeri Padang ini bahkan sedang berjuang untuk mendapatkan gelar profesor ilmu olahraga. Ia mengatakan sementara menunda mengejar gelar profesor ketika ada

tawaran melatih di Persib.

"Saya sebenarnya tengah mengejar gelar profesor. Tapi saya tunda dulu untuk Persib," ujar Emral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement