Senin 13 Nov 2017 00:45 WIB

PSSI: Selamat kepada Bhayangkara FC

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Selebrasi pemain Bhayangkara FC.
Foto: Antara/Saiful Bahri
Selebrasi pemain Bhayangkara FC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menyatakan Bhayangkara FC juara Liga 1 2017. Lewat akun resmi federasi nasional, @pssi_fai, badan induk sepak bola Tanah Air itu akhirnya mengakui kesebelasan dari korps Kepolisian itu berhak menaiki podium utama pada musim tahun ini.

"Kompetisi Liga 1 telah menjalani hari pertandingan terakhirnya. Selamat kepada Bhayangkara FC yang keluar sebagai juara," begitu tulis PSSI yang dikutip Republika.co.id, pada Ahad (12/11).

Kepastian Bhayangkara sebagai juara, sebetulnya sudah sejak pekan ke-33 Liga 1, pada Rabu (8/11). Tetapi, PSSI belum menanggapi lantaran kompetisi kasta utama di Indonesia musim ini belum tuntas.  

Pada pekan final, di stadion Patriot Bekasi, Ahad (12/11) skuat asuhan pelatih Simon McMenemy itu kalah 1-2 dari Persija Jakarta. Namun meski kalah, Bhayangkara tetap berada di pucuk klasemen akhir dengan nilai 68 angka.

Nilai serupa sebetulnya milik Bali United yang pada pekan ke-34 menang 3-0 atas Persegres Gresik United, Ahad (12/11). Akan tetapi, Bhayangkara lebih berhak mengklaim tropi juara musim ini lantaran unggul head to head dari skuat asuhan pelatih Widodo Cahyono Putro.

Bali United dari dua kali tanding melawan Bhayangkara sepanjang Liga 1 musim ini, tak pernah menang. Serdadu Tridatu kandas 1-3 dari Evan Dimas dan kawan-kawan saat pertandingan pertama, Juli lalu. Pada pertandingan kedua di Bekasi, September lalu, Bhayangkara juga menang 3-2 atas Irfan Bachdim dan kawan-kawan.

Gelar juara milik Bhayangkara musim ini merupakan perdana. Kesebelasan milik korps Kepolisian itu, sebetulnya tim baru yang hadir di kompetisi sepak bola nasional. Tim tersebut, berbarengan dengan hadirnya PS TNI sejak musim kompetisi sementara sepanjang 2015 dan 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement