Senin 13 Nov 2017 09:35 WIB

Laga Hidup-Mati Gli Azzurri

Rep: Frederikus Bata/ Red: Elba Damhuri
Giampiero Ventura (tengah) bersama para pemain timnas Italia.
Foto: EPA/MIKE PALAZZOTTO
Giampiero Ventura (tengah) bersama para pemain timnas Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Tim nasional Italia berada di ujung tanduk. Armada Gli Azzurri terancam gagal ke Piala Dunia 2018. Pada leg perdana play-off kontra Swedia, Negeri Piza kalah 0-1 di markas Swedia.

Asa pemilik empat gelar turnamen terbesar sejagat itu kini dipertaruhkan di San Siro. Kedua kubu bertemu lagi pada leg kedua alias penentu di Kota Milan, Selasa (14/11) dini hari WIB. Ini menjadi peluang bagi Gianluigi Buffon dan rekan-rekan membalikkan keadaan agar meraih tiket ke Rusia.

Legenda Gli Azzurri Giancarlo Antognoni percaya diri timnya bisa merealisasikan target tersebut. Sosok yang kini menjadi direktur olahraga Fiorentina itu berpendapat, para juniornya hanya kurang beruntung ketika tumbang di Friends Arena. Sementara, tim lawan memiliki serangan efektif berbuah gol.

 "Italia perlu banyak menyerang di San Siro," kata Antognoni seperti dikutip dari //Football Italia//, Ahad (12/11).

Juru taktik Udinese Luigi Delneri meminta semua pihak bersatu mendukung Gli Azzurri. Ia memprediksi, tim lawan akan kembali mengandalkan permainan fisik. Menurut dia, Swedia sangat tangguh dalam konteks tersebut. "Namun, Italia memiliki karakteristik untuk berbuat lebih meski tekanannya hebat," ujar Del Neri.

Ia bersimpati akan kritik terhadap pelatih timnas Gianpiero Ventura. Menurut Del Neri, profesi pelatih lebih ditentukan dalam cerita 90 menit di lapangan meski kelihatan seperti banyak penggemar.

Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC) Carlo Tavecchio juga meminta skuat Gli Azzurri tidak perlu berbicara banyak di media setelah hasil negatif di leg pertama. "Ini bukan waktunya untuk berkata-kata,\" kata tokoh berusia 74 tahun itu kepada Ansa, seperti dikutip dari Football Italia.

Tavecchio menegaskan, skuat Italia perlu menunjukkan aksi nyata di lapangan. Ini berkaitan dengan asa untuk membalikkan keadaan demi tiket ke Rusia.

Peluang 50 persen

Bekas penggawa Azzurri Damiano Tomassi menganalisis permainan Swedia. Menurut dia, pasukan Kuning Biru adalah tim yang berbeda ketika tampil di luar kandang. Tomassi mencontohkan, selama di kualifikasi, pasukan Janne Andersson banyak mengalami kekalahan tandang. Di antaranya ketika takluk dari Prancis, Bulgaria, dan Belanda.

"Italia memiliki peluang 50 persen untuk mencapai Piala Dunia," ujar eks jagoan AS Roma ini.

Namun, tuan rumah memiliki beberapa kekurangan menjelang duel di San Siro. Gelandang andalan Marco Verratti absen karena akumulasi kartu kuning. Simone Zaza dan Leonardo Spinazzola diragukan tampil, sementara Leonardo Bonucci bakal bermain dengan pelindung kepala.

Kapten Swedia Andreas Granqvist meminta kubunya tidak perlu terlarut dalam euforia berlebihan. Negara berperingkat ke-25 FIFA ini siap bertarung keras mempertahankan keunggulan. "Kami akan melakukan yang terbaik untuk lolos," ujar Granqvist.

Prediksi susunan pemain kedua tim:

Italia

Pelatih: Gianpiero Ventura

Formasi: 4-4-2

Kiper: Buffon

Bek kiri, kanan: Darmian, Florenzi

Bek tengah kiri, kanan: Chiellini, Bonucci

Winger kiri, kanan: Insigne, Candreva

Gelandang: De Rossi, Parolo

Penyerang kiri, kanan: Belotti, Immobile

Swedia

Pelatih: Janne Andersson

Formasi: 4-4-2

Kiper: Olsen

Bek kiri, kanan: Augustinsson, Krafth

Bek tengah kiri, kanan: Granqvist, Lindelof

Sayap kiri, kanan: Forsberg, Larsson

Gelandang: Ekdal, Johansson

Penyerang kiri, kanan: Berg, Toivonen

Rekor Pertemuan:

11/11/2017 : Swedia 1-0 Italia

17/06/2016 : Italia 1-0 Swedia

18/11/2009 - Italia 1-0 Swedia

18/06/2004 - Italia 1-1 Swedia

19/06/2000 - Italia 2-1 Swedia

23/02/2000 - Italia 1-0 Swedia

(Tulisan diolah oleh Citra Listya Rini).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement