Rabu 15 Nov 2017 15:55 WIB

Ryan Giggs Dikabarkan Jadi Direktur Teknik Klub Vietnam

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Endro Yuwanto
Ryan Giggs.
Foto: AP
Ryan Giggs.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Legenda Manchester United (MU) Ryan Giggs bersiap untuk menjadi Direktur Teknik PVF Football Academy di Vietnam.  Media lokal melaporkan bahwa akademi tersebut telah mencapai kesepakatan dua tahun dengan Giggs.

Giggs akan menjadi konsultan sepanjang tahun dan sementara itu juga melatih pemain muda dan tim pelatih selama dua kunjungan ke akademi setiap periode 12 bulan.

Situs PVF tersebut menjelaskan bahwa Giggs, yang merupakan co-owner dari klub non-liga Salford City, akan berperan dalam membangun dan mengembangkan PVF untuk menjadi pusat pelatihan sepak bola pemuda terkemuka di Vietnam.

"Saya belum benar-benar mengambil pekerjaan baru ini dengan penuh waktu, seperti yang dikatakan banyak orang. Saya hanya akan bekerja tiga hari untuk peluncuran Dana Promosi Akademi Sepak Bola Vietnam yang baru, di mana saya dan Paul Scholes telah sepakat untuk pergi beberapa kali dalam setahun untuk membantu membangun cetak biru sepak bola akar rumput Vietnam," ujar Giggs kepada Sky Sports seperti yang dilansir dari ESPN.

Giggs menjelaskan bahwa klub Vietnam tersebut baru saja membangun sebuah akademi baru sehingga dirinya akan memberikan konsultasi selama tiga hari, dengan potensi untuk berhubungan dengan Salford di masa depan. "Kami membangun akademi dan universitas kami sehingga akan ada relasi ini dapat banyak membantu, ini seharusnya menjadi fasilitas yang menakjubkan," jelasnya.

Giggs tak mendapatkan peran dalam manajemen di sebuah klub Liga Primer Inggris dan baru-baru ini menyatakan minatnya pada peran di Leicester City dan Everton.  Pria berusia 43 tahun itu telah keluar dari strutur kepelatihan MU setelah meninggalkan jabatan sebagai asisten Louis van Gaal tahun lalu.

Giggs tidak asing lagi dengan kawasan Asia Tenggara dan telah mengunjungi beberapa kali sejak pensiun sebagai pemain, termasuk kunjungan promosi baru-baru ini ke Thailand dengan rekan-rekan "Kelas 92" Scholes, Nicky Butt, Gary Neville, dan Phil Neville.

Hubungan MU di wilayah ini kuat dan Bryan Robson, yang merupakan kapten Giggs di awal kariernya di Old Trafford, pernah menjadi pelatih Thailand dari 2009 hingga 2011. Rekan setim lainnya, Paul Parker, saat ini berbasis di Singapura dan bekerja sebagai pelatih junior.

Giggs akan melakukan perjalanan ke Vietnam pekan depan untuk sebuah upacara peresmian. Ia akan bergabung dengan Scholes yang akan menjadi tamu di acara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement