Kamis 16 Nov 2017 12:56 WIB

Owen: Timnas Inggris Generasi Saya Lebih Berkualitas

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Michael Owen
Foto: EPA/LAURENT GILLIERON
Michael Owen

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Legenda sepak bola Inggris Michael Owen memuji generasi baru dari timnas negaranya yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 Rusia. Owen mengatakan, kekuatan timnas Inggris yang kini dimotori oleh pemain-pemain muda seperti Harry Kane, Dele Alli, dan Marcus Rashford sangatlah menjanjikan.

Namun, menurut sosok 37 tahun ini, generasi yang ada sekarang masih kalah dengan para pemain seangkatannya dulu. Menurut Owen nama-nama besar di eranya, seperti Paul Scholes, Steven Gerrard, Wayne Rooney, Rio Ferdinand, Frank Lampard, David Beckham, dan dirinya sendiri masih jauh lebih berkualitas.

"Jika dibandingkan dengan era saya yang diisi oleh nama-nama pemenang di banyak gelar level tinggi bahkan seperti Liga Champions, generasi sekarang masih kalah. Tapi kami harus tetap optimistis," kata Owen dikutip kepada Omnisport, dikutip Kamis (16/11).

Untuk itulah, Owen berharap skuat Inggris yang kini dibesut oleh Gareth Southgate dapat mempersiapkan mental. Menurut dia, di turnamen antarnegara kekuatan mental bisa menjadi senjata yang melebihi kekuatan fisik.

Jika para pemain Inggris bisa bermain dengan mental yang baik, Owen yakin tim Tiga Singa punya kesempatan untuk bicara banyak di ajang Piala Dunia. "Apa yang saya cemaskan bukan soal kualitas, tapi lebih ke soal mental. Banyak hasil buruk yang didapatkan negara ini di berbagai kompetisi karena buruknya mental, termasuk di era saya," kata Owen.

Inggris masuk ke dalam pot 2 di undian Piala Dunia 2018. Hal ini akan membuat perjalanan Inggris berat karena dipastikan akan satu grup dengan salah satu tim kuat di pot 1, yakni Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, dan Prancis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement