Jumat 17 Nov 2017 13:57 WIB

'Milan Butuh Stadion Sendiri'

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita
Stadion San Siro
Foto: EPA/EMILIO ANDREOLI
Stadion San Siro

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- CEO AC Milan Marco Fassone mengatakan mereka membutuhkan stadion sendiri. Namun, ia belum bisa memastikan apakah itu berarti merestrukturisasi Stadion San Siro atau membangun stadion di area lain, baik di dalam maupun di luar Kota Milan. 

Milan memang sebelumnya telah merencanakan untuk pindah ke stadion baru di lokasi Portello, Milan. Namun mantan presiden Silvio Berlusconi menarik proyek tersebut setelah ada perselisihan dengan persuahaan yang memiliki tanah di area itu.

Keputusan pindah stadion juga akan memengaruhi Inter, yang berencana membangun kembali Giuseppe Meazza begitu Milan pindah. Laporan baru yang berkembang menyebutkan manajemen Rossoneri mulai kembali mengeluarkan wacana untuk pembangunan stadion baru. 

“Kami membutuhkan stadion kami sendiri. Ini adalah keputusan yang yang telah kita ambil,” kata dia dilansir dari Football Italia, Jumat (17/11). 

Fassone mengatakan San Siro memang bukan sekadar stadion. Arena berkapasitas 80 ribu penonton itu merupakan ikon sepak bola dunia. Namun, dia menambahkan, dalam jangka menengah, stadion ini sudah tidak bisa lagi membuat Milan meraih keuntungan. 

Menurut dia, kepemilikan stadion tunggal menjadi keharusan pada era sepak bola sekarang. Dia pun menyatakan adanya kesenjangan dalam perkembangan sepak bola di Italia dibandingkan negara lain  terkait dengan stadion. 

“Memiliki stadion tunggal untuk Milan, apakah di San Siro atau di wilayah lain, menjadi bahasan untuk didiskusikan,” kata dia. 

Fassone mengatakan klub akan mematangkan dua ide ini, yakni merestruktrusisasi San Siro atau mengevaluasi zona lain, baik di dalam maupun di luar Kota Milan. “Kami akan memutuskan yang terbaik bagi Milan,” kata dia. 

Fassone menerangkan persoalan utama San Siro terkait dengan kapasitasnya. Menurut dia, San Siro akan padat pada tiga pertandingan sepanjang tahun yakni pada laga kontra Juventus dan derbi Milan. 

“Tapi, sering kali tidak penuh. Jadi, kami harus menemukan keseimbangan. Tapi, saya pikir, kami akan bisa mengatasi hal itu,” kata dia. 

Fassone juga menerangkan kepemilikan stadion tunggal akan memudahkan proses kerja sama iklan. “Keberadaan stadion akan meningkatkan penghasilan. Saya rasa wali kota juga sedang mengupayakan ada patung pemain Milan yang terkenal di dekat San Siro,” kata dia. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement