Jumat 17 Nov 2017 15:23 WIB

Pemkot Yogya Gelar Lomba Olah Raga Tradisional

Rep: Eric Iskandarasyah Z/ Red: Endro Yuwanto
Bermain sepak bola mengenakan sarung.
Foto: Antara
Bermain sepak bola mengenakan sarung.

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Karyawan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar lomba olah raga tradisional untuk menyongsong Hari Jadi Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-46 pada Jumat (17/11). Jenis lomba yang digelar adalah tarik tambang, sepak bola sarung, berjalan bertiga menggunakan sandal dari bahan kayu atau Bakiak, dan berlari mengenakan karung goni atau balap karung.

Tingkah lucu para peserta membuat suasana diselimuti kegembiraan. Tak jarang, gelak tawa dan canda ria dan teriakan pemecut semangat dari teman sekantor atau lawan pecah di tengah perjuangan ASN yang ditunjuk mewakili organisasi perangkat daerah (OPD).

Gelaran lomba HUT Korpri dibuka oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di halaman Balai Kota Yogyakarta dan dihadiri oleh kepala dan perwakilan peserta dari seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Heroe mengatakan, kegiatan olah raga bersama yang dikemas dalam bentuk lomba semacam itu akan memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas di antara teman.

Menurut Heroe, kegiatan itu juga akan menjunjung dan melatih jiwa sportivitas yang tinggi dalam mencapai satu tujuan yang sama. Berolaraga bersama, kata Heroe, akan membuat seseorang melepaskan diri dari atribut kesibukan masing-masing. "Biasanya orang yang ketika melepaskan diri dari atributnya itu pasti orangnya tulus, orangnya tidak lagi dibebani dengan status yang melekat pada dirinya," ujarnya.

Sekretaris Kota Yogyakarta Titik Sulastri mengatakan, kegiatan lomba ini untuk menyambut hari ulang tahun Korpri ke-46 yang jatuh pada 29 november 2017 nanti. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkot Yogyakarta.

Cabang olah raga tradisional yang dilombakan adalah sepak bola memakai sarung untuk ASN pria, berjalan dengan bakiak untuk putra dan putri, Tarik tambang untuk putri, dan balap karung diikuti oleh ASN putra dan putri. Panitia telah menyediakan hadiah menarik berupa satu ekor kambing bagi masing masing juara. Hadiahnya akan diberikan pada 29 November 2017 mendatang bersamaan dengan upacara apel bersama karyawan di halaman Bali Kota Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement