Senin 20 Nov 2017 20:35 WIB

Presiden Federasi Sepak Bola Italia Mundur

Carlo Tavecchio
Foto: EPA/MAURIZIO DEGL'INNOCENTI
Carlo Tavecchio

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA — Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Carlo Tavecchio mengundurkan diri pada Senin, sepekan setelah timnas mereka gagal lolos ke putaran final Piala Dunia. Presiden asosiasi wasit Marcello Nicchi mengatakan kepada para pewarta bahwa Tavecchio mengundurkan diri pada pertemuan di markas besar FIGC di Roma.

Tavecchio (74 tahun) berada di bawah tekanan untuk mengundurkan diri setelah hasil imbang tanpa gol saat menjamu Swedia, yang berarti Italia gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1978.

Pelatih Giampiero Ventura dipecat pada Rabu (16/11) silam. Pada wawancara televisi yang dilakukan pada Ahad (19/11), Tavecchio yang matanya berkaca-kaca menyalahkan Ventura untuk kegagalan di Piala Dunia.

"Kegagalan ini begitu teknis, pelatih melakukan pilihan-pilihan teknis yang keliru," ucapnya.

Tavecchio pertama kali dipilih untuk mengisi posisi di FIGC pada Agustus 2014 untuk menggantikan Giancarlo Abate, yang mengundurkan diri sesaat setelah Italia tersingkir di putaran pertama Piala Dunia di Brazil. 

Ia kembali terpilih sebagai kepala federasi pada Maret ketika ia mengatakan bahwa ia harus merestorasi kredibilitas Italia. Sepanjang kampanye 2014, Tavecchio sempat menimbulkan kehebohan ketika ia berkomentar mengenai pemain Afrika fiktif yang disebutnya sebagai Opti Poba "memakan pisang."

Ia kemudian diskors untuk sementara dari menduduki posisi apapun di badan sepak bola FIFA untuk enam bulan, sedangkan badan sepak bola Eropa UEFA menjatuhkan sanksi serupa. Bagaimanapun, FIGC menyatakan ia sama sekali tidak melakukan kesalahan.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement