Sabtu 25 Nov 2017 12:48 WIB

Karateka Putri Ini Bertekad Lolos ke Olimpiade Jepang

Karateka putri Indonesia Srunita Sari Sukatendel (kiri)
Foto: ANTARA/Wahyu Putro A
Karateka putri Indonesia Srunita Sari Sukatendel (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN — Karateka putri andalan Sumatra Utara dan Indonesia Srunita Sari Sukatendel bertekad bisa tampil di Olimpiade Tokyo, Jepang, pada 2020 demi mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Srunita yang merupakan peraih emas di SEA Games 2017 di Malaysia itu menyebutkan bisa tampil membela Indonesia di Olimpiade merupakan impian sekaligus cita-citanya yang terus menjadi motivasi baginya untuk berlatih dengan keras.

"Pastinya semua atlet ingin membela negaranya di Olimpiade. Termasuk saya yang terus mengikuti program latihan rutin di Pelatnas," kata atlet kelahiran Binjai, 28 Agustus 1992 itu melalui pesan singkatnya, Sabtu (25/11). 

Demi bisa tampil di olimpiade, seluruh atlet tentu harus melewati beberapa tahapan, salah satunya mengumpulkan poin tertinggi agar bisa mengikuti kualifikasi selanjutnya.  Termasuk agenda mengikuti kejuaraan internasional World Premier League (WPL) di Okinawa, Jepang, 25-26 November. 

Srunita tentu bertekad bisa menjadi juara sekaligus meningkatkan rating poin untuk tampil di olimpiade. "WPL di Okinawa, bagian tahapan mengumpulkan poin untuk bisa ikut kualifikasi olimpiade 2020. Itu salah satu persyaratan agar poin kita bertambah dan bisa ikut olimpiade," katanya.

Saat ini, Srunita berada di ranking tujuh dunia versi World Karate Do Federation (WKF), yang berarti langkah Srunita agar bisa tampil di Olimpiade tinggal selangkah lagi.  Meski begitu, bagi Srunita latihan rutin dan serius tetap dilakukanknya agar bisa tampil maksimal di WPL nanti. 

"Saat ini saya ranking 7 di WKF di nomor kumite -50 kg puteri. Sampai saat ini belum ada diumumkan kepastian ranking berapa yang bisa ikut kualifikasi. Tapi, kualifikasi yang rencananya di laksanakan bulan Juni nanti, yang masuk 50 besar boleh ikut," kata atlet asal Kabupaten Langkat itu.

Srunita sudah meraih prestasi gemilang di sejumlah kejuaraan karate tingkat internasional, diantaranya, juara 1 di Venice cup (Italia) 2013, Juara 1 Finlandia Open 2013, dan Juara 1 Marmara Cup (Turki) 2014.

Kemudian, Juara 1 SEAKF Vietnam 2013, Juara 1 SEAKF Laos 2015, Juara 1 Bosphorous Cup (Turki) 2016 dan terakhir ia mampu meraih peringkat 3 WPL di Rotterdam, Belanda, pada 2016.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement