Ahad 03 Dec 2017 23:47 WIB

Inter Kuasai Klasemen Usai Pesta Gol ke Gawang Chievo

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita
Ivan Perisic
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Ivan Perisic

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Setelah 15 pekan menunggu akhirnya Inter Milan berhasil merajai klasemen sementara Serie A 2017/2018. Mahkota calon juara Liga Italia berhasil direbut setelah sukses mengalahkan tim papan tengah Chievo Verona. 

Laga kedua kesebelasan di Stadion Gueseppe Meazza, Milan, pada Ahad (3/12) WIB berakhir dengan skor renggang 5-0. Kemenangan Inter atas Chievo kali ini menjadi salah satu yang terbesar di musim berjalan. 

Raihan tiga angka tambahan dari kemenangan tersebut kini membuat Inter punya 39 angka di papan rangkaian hasil tanding sementara. Terpaut satu angka dari SC Napoli yang lengser ke peringkat ke-2 setelah tumbang 0-1 dari Juventus, pada Sabtu (2/12).

Saat pertandingan antara Inter dan Chievo, kesebelasan tuan rumah sebetulnya terbilang lama memastikan kemenangan. Meski pemain asuhan pelatih Luciano Spalletti mendominasi penguasaan bola sampai 69 persen, para penggawa Rolando Maran berhasil bertahan. 

Skor tanpa gol berjalan selama 20 menit pertandingan. Namun Inter berhasil mematahkan perlawanan Chievo di menit ke-23. Yaitu ketika bek Davide Santon berhasil menyuplai bola depan gawang lawan. Ada gelandang serang Ivan Perisic yang dituju. 

Sebetulnya, bola sempat ditepis oleh penjaga gawang tamu Stefano Sorrentino. Namun, bola liar dimanfaatkan baik oleh Perisic. Sepekan keras dari pemain Kroasia itu berhasil membuka skor menjadi 1-0.

Upaya para pemain Chievo membalas tak pernah kesampaian. Sebaliknya, para pemain Inter belum kenyang dengan satu gol. Menit ke-38, giliran striker Mauro Icardi. 

Pemain asal Argentina itu mencatatkan namanya di papan skor lewat umpan dari gelandang bertahan Marcelo Brozovic. Skor menjadi 2-0. Hasil tersebut bertahan sampai babak pertama pungkas.

Di babak kedua, Inter tak menurunkan intensitas permainan. Sementara Chievo terkurung dengan agresivitas para penggawa tuan rumah. 

Pada menit ke-50-an, memanfaatkan kesalahan pemain belakang Chevo, Perisic berhasil mencuri bola dan melepaskan sepakan ke arah gawang. Kiper Sorrentino kembali kebobolan. Skor menjadi 3-0.

Berselang tiga menit, Inter semakin digdaya. Memanfaatkan serangan balik, gelandang Antonio Candreva mengumpan bola ke lini pertahanan Chievo. 

Ada bek Milan Srinakar yang membantu serangan dan berhasil memanfaatkan umpan Candreva menjadi gol. Sorrentino kembali dibikin bungkam dan membuat skor semakin renggang 4-0.

Setelah unggul telak, pelatih Spaletti mulai merotasi sejumlah pemain pentingnya pada menit ke-70-an. Icardi dan Danilo DAmbrosia digantikan Eder dan Dalbert. 

Skor 4-0 bertahan sampai menjelang pertandingan usai. Pada menit ke-85, peran Candreva juga digantikan Yann Karamoh. 

Sampai menit ke-90, skor 4-0 tetap. Tetapi, wasit memberikan tambahan waktu. Di injury time tersebut, Perisic berhasil mencatatkan trigolnya di laga kali ini. Persisnya pada menit ke-92, sepakan kerasnya sekali lagi menghantam gawang Chievo. Skor penutup menjadi 5-0.

 

Para pemain Inter Milan merayakan gol Ivan Perisic (kanan) ke gawang Chievo Verona pada lanjutan Liga Italia Serie A di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Ahad (3/12). (EPA-EFE/MATTEO BAZZI)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement