Senin 04 Dec 2017 23:33 WIB

Test Event Asian Games Akuatik Diikuti 2 Ribu Peserta

Rep: Fitriyanto / Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia Anindya Bakrie (ketiga kiri), Ketua Pelaksana INASGOC Erick Thohir (kiri), Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (keempat kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kanan), Menkeu Sri Mulyani (kedua kanan) dan Menpora Imam Nahrawi (kedua kanan) meninjau stadion aquatik saat peresmiaan empat venue Asian Games di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/12).
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia Anindya Bakrie (ketiga kiri), Ketua Pelaksana INASGOC Erick Thohir (kiri), Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (keempat kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kanan), Menkeu Sri Mulyani (kedua kanan) dan Menpora Imam Nahrawi (kedua kanan) meninjau stadion aquatik saat peresmiaan empat venue Asian Games di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sekitar dua ribu peserta akan mengikuti uji coba (test event) Asian Games 2018 cabang Akuatik. Uji Coba bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 ini akan digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada 5-15 Desember 2017.

Acara yang dihelat Pengurusan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI dan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) untuk menguji kelayakan kolam renang yang baru selesai direnovasi. Ajang ini juga menjadi untuk melihat kesiapan panitia menyelenggarakan empat cabang olahraga akuatik, yakni renang, polo air, loncat indah dan renang artistik. 

Test event juga mempertandingkan cabang olahraga masters swimming. "Kejuaraan diikuti dari mulai kelompok umur sampai senior sekaligus menjadi test event Asian Games 2018 yang juga berlangsung di kolam baru. Semoga event di GBK Aquatics Stadium ini bisa jadi momentum yang bermakna untuk kejayaan akuatik Indonesia," ujar Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie, Senin (4/12). 

Sejumlah cabang olahraga akuatik siap menyuguhkan tontoan menarik bagi masyarakat. Anindya menjelaskan, cabang renang akan dipertandingkan pada 10-15 Desember 2017 dengan jumlah peserta sebanyak 1.500 atlet dari Indonesia, Korea dan Singapura. 

Mereka berasal dari beragam kelompok umur (KU), mulai dari Senior (18 tahun ke atas), KU-1 (16-18 tahun), KU-2 (14-15 tahun), KU-3 (12-13 tahun), KU-4 (11 tahun ke bawah), dan kelompok Elite Open (tidak ada batasan umur dan hanya untuk grand final).

Cabang loncat indah (diving) akan dilaksanakan pada 5-9 Desember 2017 yang diikuti 100 atlet dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, dan India. Selain kelas senior, cabang loncat indah juga mempertandingkan kelompok umur, yaitu Terbuka (18 tahun ke atas), KU-A (16-18 tahun), KU-B (14-15 tahun), KU-C (11-13 tahun), dan KU-D (10 tahun ke bawah).

Selain kedua cabang tersebut, renang indah, yang kini disebut renang artistik, juga akan dipertandingkan pada 6-8 Desember 2017 dan diikuti 100 atlet dari seluruh Indonesia. Pengelompokan umurnya adalah KU-1 (9 tahun ke bawah), KU-2 (10-12 tahun), KU-3 (13-15 tahun), KU-4 (16-18 tahun), dan terbuka (tanpa ada batasan umur).

Para pengunjung CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 juga bisa menyaksikan pertandingan cabang polo air (water polo) pada 10-15 Desember 2017. Rencananya, pertandingan akan diikuti sebanyak 150 atlet putra dan putri.

Terakhir, Anindya melanjutkan, kejuaraan yang tak kalah seru dalam rangkaian event ini adalah CIMB Niaga Indonesia Masters Swimming 2017 atau CIMB Niaga Kejuaraan Renang Indonesia Master. Sebanyak 500 perenang senior berusia 30 tahun ke atas telah memastikan keikutsertaannya pada 9 Desember 2017. 

Mereka berasal dari beragam latar belakang, mulai dari mantan perenang, klub-klub masters, komunitas olahraga seperti triathlon, renang, lari, serta masyarakat pecinta renang yang tergabung di berbagai tim.

Perenang Nasional

Untuk timnas, ini jadi seleksi awal pembentukan tim pelatnas Asian Games 2018 dan juga SEA Games 2019. Karena itu, CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 mempertandingkan lima cabang olahraga dan diikuti para atlet renang terbaik di Indonesia dari level senior sampai kelompok umur. 

Perenang nasional yang akan bertanding adalah juara SEA Games 2017 Siman Sudartawa, Triady Fauzi, Gagarin Nathaniel Yus, serta Indra Gunawan. Para perenang muda yang baru tampil di SEA Age Group 2017 seperti Azzahra Permatahani, Adinda Larasati Dewi, Azzel Zelmi, dan Farrel Armandio Tangkas juga turut meramaikan kompetisi ini.

Sebagai sponsor utama, keikutsertaan CIMB Niaga adalah wujud dukungan nyata untuk mengembangkan olahraga akuatik di Tanah Air. Dukungan ini penting, agar beragam cabang olahraga akuatik dapat terus menjadi pendulang prestasi dalam berbagai kejuaraan tingkat regional yang mengharumkan nama Indonesia. 

Hal ini sekaligus salah satu upaya CIMB Niaga untuk menyebarkan budaya dan gaya hidup sehat ke tengah masyarakat. “Kami ingin menyebarkan energi positif kepada masyarakat agar hidup sehat menjadi budaya, salah satunya melalui olahraga akuatik,” kata Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan.

Tigor juga mengatakan ini merupakan dukungan CIMB Niaga agar olahraga akuatik Indonesia terus maju, menorehkan prestasi, dan menjadi kebanggaan bangsa. “Hal ini sejalan dengan brand promise Forward, di mana CIMB Niaga selalu mendukung nasabah berkembang di berbagai aspek dan dalam setiap jenjang kehidupan untuk terus maju mencapai impian dan aspirasinya, kata dia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement