Kamis 07 Dec 2017 07:17 WIB

Dua Gol Aboubakar Antar Porto ke 16 Besar Liga Champions

Penyerang FC Porto Vincent Aboubakar bereaksi setelah mencetak satu gol melawan Monaco FC saat pertandingan Grup G Liga Champions UEFA di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Kamis (7/12) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/JOSE COELHO
Penyerang FC Porto Vincent Aboubakar bereaksi setelah mencetak satu gol melawan Monaco FC saat pertandingan Grup G Liga Champions UEFA di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Kamis (7/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON — Vincent Aboubakar mengemas dua gol pada babak pertama untuk menjadi ujung tombak kemenangan 5-2 Porto atas Monaco di Stadion Dragao pada Kamis (7/12) dini hari WIB. Kemenangan itu mengamankan tempat mereka di fase gugur Liga Champions.

Penyerang tajam asal Kamerun itu mencetak gol ke-17 di semua kompetisi musim ini pada pertandingan yang berlangsung tidak seimbang. Kedua tim sama-sama harus mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain setelah pemain Porto Felipe dan pemain Monaco Rachid Ghezzal diusir keluar lapangan karena berkelahi pada menit ke-38.

Mengetahui bahwa kemenangan akan mengamankan peringkat kedua bagi mereka di Grup G, rasa gugup Porto dengan cepat sirna ketika Aboubakar mencetak gol dengan memaksimalkan umpan terobosan Yacine Brahimi pada menit ke-9.

Aboubakar sedang dalam bentuk permainan yang baik. Ia kembali mencetak gol pada menit ke-33 ketika ia bergerak memotong dari tepi kotak penalti dan melepaskan tembakan melewati Diego Benaglio untuk menjadi gol kelimanya di Liga Champions musim ini.

Monaco, yang kalah dari Porto pada final 2004, diingatkan kembali tentang kekalahan 0-3 itu ketika Aboubakar beralih peran menjadi pengumpan. Dia menyodorkan bola untuk diselesaikan Brahimi menjadi gol ketiga sebelum turun minum.

Kapten Monaco Kamil Glik mencetak satu gol balasan melalui penalti pada menit ke-61, yang didapat karena handball yang dilakukan Ivan Marcano. Namun, bek Porto asal Brazil Alex Telles melepaskan tembakan dari jarak 25 meter yang berbuah gol empat menit kemudian.

Radamel Falcao mengemas gol hiburan ke gawang bekas klubnya pada menit ke-78 sebelum Tiquinho Soares kembali mencetak gol dengan sundulan lainnya untuk tuan rumah, ketika pertandingan tinggal menyisakan dua menit.

Kemenangan ini membawa Porto mengoleksi sepuluh poin, tertinggal dari juara grup Besiktas. Tim asal Turki itu memiliki 14 poin setelah kemenangan 2-1 mereka di markas RB Leipzig. Hasil itu sekaligus memastikan tim pendatang baru asal Jerman tersebut terpuruk di peringkat ketiga dengan tujuh poin.

Bagi Monaco, kekalahan ini hanya mendemonstrasikan betapa jauh kejatuhan mereka sejak tim muda mereka pecah setelah mencapai semifinal musim lalu.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement