Jumat 08 Dec 2017 10:50 WIB

Pertandingan Piala FA Jadi Uji Coba Sistem VAR

Ilustrasi penggunaan sistem VAR.
Foto: EPA-EFE/SIMONE VENEZIA
Ilustrasi penggunaan sistem VAR.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Federasi Sepak bola Inggris (FA) mengumumkan pertemuan Brighton and Hove Albion melawan Crystal Palace pada putaran ketiga Piala FA akan menjadi pertandingan kompetitif pertama di level klub di Inggris yang akan menggunakan Video Asisten Wasit (VAR). Pertandingan itu akan digelar pada 8 Januari 2018. 

VAR melibatkan sejumlah asisten wasit menyaksikan kejadian dari jarak jauh. Kemudian, mereka menarik perhatian wasit pertandingan seandainya terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan dan insiden serius yang terlewatkan.

Sistem ini pertama kali diaplikasikan di level negara ketika Inggris menjamu Jerman pada pertandingan persahabatan di Stadion Wembley bulan lalu. Kala itu, sistem ini belum dipakai untuk mengambil keputusan.

Uji coba ini, yang juga akan mencakup pertandingan-pertandingan semifinal Piala Liga bulan depan, dipimpin oleh The Professional Game Match Officials Limited, grup yang memimpin kepemimpinan pertandingan di Liga Inggris, Liga Sepak Bola Inggris, dan pertandingan-pertandingan FA.

"FA selalu terbuka untuk menguji coba inovasi-inovasi baru dan sangat terlibat dalam kemajuan teknologi garis gawang sebelum hal itu diperkenalkan," kata Direktur Hubungan Permainan Profesional FA Andy Ambler dalam pernyataannya.

Dia mengatakan uji coba sistem VAR pada Piala FA musim ini dari putaran ketiga merupakan kelanjutan hal itu. Dia juga menuturkan ini lebih lanjut mendemonstrasikan bahwa sambil menjadi salah satu kompetisi domestik paling terkenal dan bersejarah di dunia, namun ini juga modern, progresif, dan inovatif.

VAR diuji coba untuk menghapus kesalahan-kesalahan yang terkait dengan insiden-insiden pada situasi yang dapat mengubah arah permainan, seperti gol, kartu merah, penalti, serta kesalahan wasit dalam mengidentifikasi pemain.

Sistem ini telah diuji coba di beberapa kompetisi di seantero dunia dan melakukan debutnya di Liga Jerman dan Liga Italia pada awal musim.

 

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement