Jumat 08 Dec 2017 13:31 WIB

Mantan Striker Madrid: Ronaldo Sejajar Di Stefano

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda / Red: Ratna Puspita
Bintang Portugal Cristiano Ronaldo meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia Ballon d'Or untuk kelima kalinya pada Kamis (7/12) waktu setempat.
Foto: EPA-EFE/FAUGERE FRANCK
Bintang Portugal Cristiano Ronaldo meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia Ballon d'Or untuk kelima kalinya pada Kamis (7/12) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Mantan striker Real Madrid Emilio Butragueno mengatakan Cristiano Ronaldo sejajar dengan legenda klub Alfredo Di Stefano. Dia menyebutkan bersama Di Stefano, Ronaldo merupakan pemain terbaik dalam sejarah Los Blancos. 

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Madrid tersebut semakin melengkapi pencapaian indivualnya dengan menyamai rekor lima penghargaan Ballon d'Or milik Lionel Messi. Ronaldo mempertahankan penghargaan individu paling bergengsi sepakbola tersebut dua tahun berturut-turut. 

Ronaldo diganjar penghargaan itu setelah membawa Madrid berjaya pada La Liga dan Liga Champions  musim 2016-17. Dia juga mencatatkan 600 gol sepanjang kariernya. "Kami harus mengucapkan selamat kepadanya dan menikmati bersamannya. Tidak ada keraguan bahwa bersama Alfredo Di Stefano, dia adalah pemain terpenting dalam sejarah Real Madrid,” kata Butrageno dilansir dari Four Four Two, Jumat (8/12). 

Menurut Butrageno, sangat sulit untuk memenangkan Ballon D'Or. “Jadi untuk memenangkannya lima kali sungguh menakjubkan," kata Butrageno, yang memulai debut seniornya di Madrid pada 1984 dan memenangkan 6 gelar La Liga.

Menurut dia, kunci keberhasilan Ronaldo terletak pada sikapnya. Dia menyebutkan, Ronaldo memiliki standar motivasi yang tidak ada habisnya dan menjadi teladan  bagi pemain yang sudah banyak meraih kemenangan untuk tidak cepat berpuas diri.

Selain Ballon dOr, nama Ronaldo juga mencetak rekor sebagai pemain pertama dalam sejarah yang tak pernah absen merobek gawang lawan dalam semua pertandingan fase grup liga Champions. Pada Liga Champions musim ini, Ronaldo mencetak sembilan pada enam pertandingan Liga Champions. 

Namun demikian, kegaranganya di panggung Eropa seakan sirna di liga domestik. Tercatat, dalam 10 penampilannya di La Liga, ia baru bisa mencetak dua gol.

"Orang selalu mengharapkan Madrid menang dan bermain dengan baik.  Cristiano terkadang tidak bisa mencetak gol tapi itu tidak berarti kita bisa melupakan tentang betapa mengesankannya dia dan berapa banyak yang dia berikan kepada kami," kata Butragueno.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement