Sabtu 09 Dec 2017 18:02 WIB

Timnas Indonesia Mulai Fokus Menuju Asian Games 2018

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Luis Milla memberikan instruksi kepada pemain dalam laga uji coba melawan Kamboja di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Luis Milla memberikan instruksi kepada pemain dalam laga uji coba melawan Kamboja di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Setumpuk agenda pertandingan menanti timnas sepak bola Indonesia menjelang Asian Games 2018. Pada awal tahun nanti, kesebelasan asuhan Luis Milla Aspas itu sudah harus kembali ke pemusatan latihan, menjajal laga uji coba, serta rangkaian test event.

Paling dekat, timnas Indonesia akan melakoni uji tanding pada 14 Januari 2018. Pada hari itu, skuat Garuda akan menjamu lawan tangguh dari Benua Eropa, Islandia. Milla kembali akan menurunkan skuat kombinasi antara tiga sampai lima pemain senior bersama Garuda U-23.

Namun Milla mengatakan belum memikirkan apa yang akan ia lakukan menuju laga tersebut. Usai gelaran Piala Solidaritas Aceh, pada Rabu (6/12), pelatih dari Spanyol itu mengaku belum punya persiapan apapun untuk menjajal Islandia.

"Untuk melawan Islandia nanti itu masih terlalu jauh," ujar Mila dalam rilis resmi timnas yang diterima wartawan, Sabtu (9/12).

Akan tetapi, mantan pelatih Real Zaragoza itu membeberkan, para pemain yang akan ia turunkan tak akan beda dari para penggawa timnas yang tampil saat Piala Solidaritas Aceh. Sebab, kata dia, sejak pungkas SEA Games 2017 Agustus lalu, dirinya mulai fokus pada pembentukan skuat kombinasi menuju Asian Games. Skuat itu maksimal terdiri dari tiga penggawa senior dan delapan U-23 dalam barisan 11 pemain utama.

Dalam empat bulan terakhir menjelang tutup tahun, Milla sudah mengantongi para penggawa seniornya. Menariknya, para pemain pilihan Milla untuk Asian Games mendatang terselip dua sampai tiga nama penggawa U-19.

Sedangkan para penggawa U-23 merupakan para pemain yang tampil saat SEA Games 2017 Malaysia. Kecuali ada beberapa nama yang sepertinya tak lagi dipanggil. Seperti striker yang kini merumput di Almere City, Ezra Walian dan Marinus Margianto Manewar, bomber milik Persipura Jayapura.

Dua pemain depan tersebut,belakangan posisinya digantikan oleh omber senior dari Bhayangkara FC Ilija Spaosojevic dan juga Andik Vermansyah dari Selangor FA serta Egy Maulana Vikry dari timnas U-19. Saat menjamu Suriah U-23 pada uji coba November lalu, barisan pemain kombinasi sudah diadopsi Milla dalam susunan formasi barunya 4-5-1 dari yang selama ini 4-3-3.

Saat mengikuti gelaran Piala Solidaritas Aceh pekan lalu, Milla pun mempertajam formasi barunya. Kata dia, sementara ini rencana susunan timnya untuk menjamu Islandia mendatang tak akan jauh beda dari gelaran di Aceh. Sebab tim tersebut memang disiapkan Milla menuju Asian Games 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement