Ahad 10 Dec 2017 19:57 WIB

Dortmund Pecat Peter Bosz

Pelatih Borussia Dortmund Peter Bosz (kiri) menjelang laga melawan APOEL Nicosia pada penyisihan Grup H Liga Champions 2017/2018 di Stadion GSP, Nicosia, Cyprus, Rabu (17/10) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/KATIA CHRISTODOULOU
Pelatih Borussia Dortmund Peter Bosz (kiri) menjelang laga melawan APOEL Nicosia pada penyisihan Grup H Liga Champions 2017/2018 di Stadion GSP, Nicosia, Cyprus, Rabu (17/10) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN — Borussia Dortmund memecat pelatih Peter Bosz pada Ahad (10/12) waktu setempat. Dortmund juga langsung menggantikannya dengan Peter Stoeger, yang mengundurkan diri dari Cologne satu minggu sebelumnya setelah gagal memenangkan pertandingan liga musim ini.

Bosz, yang telah bertugas selama enam bulan, dipecat sehari setelah Dortmund dicemooh di lapangan pascakekalahan 2-1 dari Werder Bremen. Kekalahan itu membuat mereka tanpa kemenangan Bundesliga sejak akhir September.

"Kami memutuskan pada kemarin malam dalam perbincangan dengan Peter Bosz bahwa kami harus segera melepaskannya," CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke mengatakan dalam konferensi pers, dilansir dari Reuters, Ahad.

Menurut Watzke pelatih asal Belanda itu emosional. “Tapi, dia bisa menerimanya dengan tenang,” kata dia. 

Stoeger pun langsung dikenalkan ke media. "Saya sangat senang diizinkan melatih tim ini, di stadion ini," katanya.

Bosz ditunjuk pada Juni silam, tak lama setelah memimpin Ajax Amsterdam ke final Liga Europa di mana mereka kalah 2-0 dari Manchester United. Di bawah kepemimpinannya, Dortmund memenangkan enam dari 15 pertandingan Bundesliga, membuat mereka berada di posisi ketujuh pada klasemen sementara.

Dortmund juga melakoni pertandingan yang menyedihkan di Liga Champions, dengan hanya meraih dua poin dari enam pertandingan. Di Piala Jerman, mereka memenangkan dua pertandingan, keduanya melawan tim dari yang lebih rendah.

Stoeger memasuki musim kelima di Cologne saat dipecat. Cologne hanya tiga poin dari 14 pertandingan liga sehingga berada di dasar klasemen. 

Namun, dia punya catatan mengesankan bersama Cologne. Stoeger mengantar Cologne promosi pada musim pertama, yakni 2013-14. Musim lalu, Stoeger memimpin Billy Goats dan kawan-kawan ke posisi kelima dan kembali ke kompetisi Eropa setelah absen selama 25 tahun.

"Peter Stoeger telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengembangkan Cologne selama empat tahun terakhir," kata Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc.

(Kiri ke Kanan) CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke, pelatih kepala baru Peter Stoeger dan Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc menghadiri konferensi pers Borussia Dortmund di Signal Iduna Park di Dortmund, Jerman, Ahad (10/12). (EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL) 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement