Ahad 10 Dec 2017 21:35 WIB

Giroud Selamatkan Arsenal dari Kekalahan

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita
Oliver Giroud
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Oliver Giroud

REPUBLIKA.CO.ID, HAMPSHIRE — Striker Oliver Giroud menyelematkan Arsenal dari kekalahan saat tandang melawan Southampton. Laga kedua kesebelasan pada pekan ke-16 Liga Inggris 2017/2018, Ahad (10/12), berakhir dengan imbang 1-1. 

Bagi Arsenal, laga melawan Southampton semula diwajibkan menang sebagai penambal kekalahan 1-3 dari Manchester City, pada pekan lalu. Tetapi, perlawan para penggawa asuhan pelatih Mauricio Pellegrino membuat tim besutan Arsene Wenger tertahan.

Saat pertandingan di Stadion Saint Marys, Wenger memainkan formasi 3-4-2-1. Alexander Lacazette menjadi tumpuan di lini depan. 

Pellegrini memilih bermain bertahan dalam terapan 4-2-3-1. Charles Austin diandalkan sebagai pencetak gol di lini depan.

Perlawanan Southampton berbuah gol cepat pada awal-awal pertandingan. Persisnya pada menit ke-3, gawang tim tamu yang dijaga kiper Peter Cech berhasil dijebol Austin. 

Gol terjadi lewat umpan baik dari gelandang tengah Dusan Tadic. Tadic mengumpan bola ke areal penalti. Ada  Austin yang berhasil mendapatkankan bola, melepas sepakan ke gawang.

Cech yang tak sigap dan minimnya pengawalan membuat Austin berhasil melepas sepakan keras ke pojok kanan gawang. Skor pun menjadi 1-0. Keunggulan bagi tuan rumah. 

Upaya the Gunners membalas gol tak makbul sampai babak pertama pungkas. Padahal, para pemain tamu menguasai lebih dari 60 persen penguasaan bola.  

Pada babak kedua, masing-masing pelatih masih mempertahankan komposisi pemainnya. Arsenal yang tertinggal satu gol, meninggikan intensitas serangan. 

Southampton, yang unggul satu gol, kerja keras melawan dan bertahan dari serangan-serangan balasan para penggawa tamu. Namun upaya Arsenal dan kerasnya perlawanan Southampton, membuat skor tak berubah. Skor 1-0 bertahan sampai menit ke-60-an. 

Wenger mulai merotasi satu pemainnya pada menit ke-64. Gelandang bertahan Danny Welbeck masuk ke lapangan menggantikan peran bek tengah Per Mertesacker.

Pergantian tersebut pun berlanjut pada menit ke-69. Wenger kembali menambah pemain gelandangnya, yakni Jack Wilshere menggantikan posisi Granit Xhaka. 

Tetapi pergantian tersebut pun tak mendapatkan hasil. Southampton yang belum merotasi pemain tampak maksimal bertahan sampai menit ke-70.

Wenger, pada menit ke-72 baru memainkan Giroud menggantikan Lacazette yang dalam pertandingan kali ini tak mujur. Masuknya Giroud menjadi penanda bagi Pellegrino memulai merotasi pemainnya. 

Pada menit ke-74, pemain bertahan Sofiane Boufal masuk menggantikan gelandang sayap Nathan Redmond. Meski Arsenal bermain dengan serangan dan kecepatan, namun upaya mengejar gol tertinggal tetap tak makbul. 

Southampton masih unggul 1-0 sampai pertandigan sudah di menit ke-80-an. Pellegrino, mengulur-ulur waktu dengan merotasi bertahap pemain lanjutannya pada menit ke-86 dan menit ke-88. 

Tersisa dua menit dari waktu normal membuat Southampton mempertahankan keunggulan dengan bermain murni bertahan. Tetapi para penggawa London Utara tetap memanfaatkan segala peluang agar tak pulang dengan kekalahan. 

Di menit ke-89, usaha Arsenal membuang malu pun terbayar. Giroud berhasil menyamakan kedudukan setelah sepakannya membungkam kiper Frase Forster. 

Gol terjadi lewat peran gelandang serang Alexis Sanchez. Skor pun menjadi imbang 1-1. Skor tersebut bertahan sampai menit ke-90. 

Tetapi, wasit memberikan tambahan waktu selama empat menit. Selama waktu tambahan tersebut tak ada gol yang terjadi. Sampai peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor tetap 1-1.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement