Rabu 13 Dec 2017 16:32 WIB

Gremio Melaju ke Final Piala Dunia Antarklub

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Kiper Pachuca, Oscar Perez (dua kanan), tak mampu menghalau tembakan yang dilepaskan pemain Gremio, Everton (tidak terlihat), dalam laga semifinal Piala Dunia Antarklub di Stadion Hazza Bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab, Selasa (12/12).
Foto: AP/Hassan Ammar
Kiper Pachuca, Oscar Perez (dua kanan), tak mampu menghalau tembakan yang dilepaskan pemain Gremio, Everton (tidak terlihat), dalam laga semifinal Piala Dunia Antarklub di Stadion Hazza Bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab, Selasa (12/12).

REPUBLIKA.CO.ID, AL-AIN -- Klub asal Brasil, Gremio berhasil masuk final Piala Dunia Antarklub 2017 setelah mengalahkan wakil dari Mesiko, Pachuca dengan skor 1-0, Rabu (13/12). Satu-satunya gol dalam pertandingan yang digelar di Stadion Hazza bin Zayed, Abu Dhabi, ini dicetak oleh Everton pada menit ke-95.

"Sangat penting bagi kami bisa masuk final. Ini yang kami semua inginkan. Kami tahu tadi bukan pertandingan yang mudah dan kami terlalu gugup debut di Piala Dunia Antarklub, tapi kami dapat menutupinya dan bermain baik," kata Everton seperti dilansir dari situs resmi FIFA, Rabu.

Everton mengatakan, Pachuca selalu membuat timnya kesulitan setiap kali bertemu. Everton yang baru masuk pada menit ke-72 pada pertandingan ini menambahkan, untunglah pelatih Gremio, Renato Gaucho membuat rencana.

"Kami melihat pertandingan-pertandingan Pachuca sebelumnya, pemain bertahan mereka sangat tinggi tapi mereka lebih lamban dari kami. Jadi kami butuh kecepatan dari Fernandinho dan saya. Dan kami berhasil melakukannya untuk mempersulit pertahanan mereka," kata Everton.

Pada babak pertama Gremio yang tiga kali menjuarai Copa Libertadores ini mendapat perlawanan yang cukup hebat dari Pachuca. Dari stasistik pasca-pertandingan, terlihat kedua tim sangat kuat di babak pertama. Gremio memang unggul dalam kesempatan gol, mereka memiliki enam kesempatan gol dibandingkan Pachuca yang hanya dua.

Tapi, di babak pertama kedua tim sama-sama tidak berhasil melakukan tendangan ke arah gawang. Baru pada menit 95, Gremio berhasil mencetak gol. Tiga menit setelah waktu tambahan dimulai, Everton mendapatkan bola ia pun melewati Jauqin Martinez dengan baik masuk ke dalam kotak penalti. Everton melakukan tembakan keras ke arah kanan gawang yang dijaga oleh Oscar Perez, pemain tertua di dunia yang masih aktif saat ini.

"Saya tidak merencanakannya. Bola datang ke saya dan tertahan di dada saya, saya mencoba untuk mengendalikannya," kata Everton.

Gremio akan menunggu siapa pemenang antara Real Madrid dengan Al-Jazira yang berlangsung pada Kamis (14/12) malam. Sementara final Piala Dunia Antarklub 2017 akan digelar pada Sabtu (16/12) mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement