Jumat 15 Dec 2017 12:58 WIB

Perkembangan Hoki Terkendala Jumlah Lapangan

Presiden Joko Widodo memukul bola hoki saat peresmian empat venue Asian Games di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/12).
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Presiden Joko Widodo memukul bola hoki saat peresmian empat venue Asian Games di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia (FHI) menilai perkembangan olahraga hoki lapangan (outdoor) Indonesia terkendala jumlah lapangan yang masih sedikit. Arena standar internasional hoki lapangan di Indonesia yang berbahan karpet rumput sintetis hanya ada di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

"Di Indonesia, lebih gampang menemukan lapangan hoki indoor. Kendalanya memang di sini," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP FHI Deny Fahruddin, di Jakarta, Jumat (15/12).

Selain itu, karena memang terbatas, arena hoki lapangan tidak bisa digunakan secara bebas. Contohnya arena hoki lapangan di GBK, Deny menyebutkan masyarakat umum harus menyewa jika ingin bermain di atasnya.

Hal serupa juga berlaku di Surabaya yang hanya ditujukan gratis bagi warga Surabaya.

Namun, dia melanjutkan, kekurangan lapangan tampaknya tidak menjadi penghalang dalam regenerasi atlet hoki lapangan yang menunjukkan gelagat positif. Saat ini, pada beberapa provinsi, FHI mengungkapkan bahwa hoki lapangan sudah diajarkan dari tingkat sekolah dasar.

"Ini seperti yang terjadi di Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Kalimantan Timur. Meski tidak bermain langsung di lapangan standar, setidaknya sudah diajarkan teknik dasarnya seperti strategi, cara bermain, cara memukul bola," kata Deny pula.

FHI menyambut gembira hal ini karena bertahun-tahun sebelumnya, permainan hoki baru diperkenalkan saat usia sekolah menengah atas. "Itu sudah terlambat sekali. Seharusnya memang diperkenalkan sejak sekolah dasar, sehingga di usia 17-18 tahun para atlet hoki lapangan ini sudah matang," kata Deny. 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement