Sabtu 16 Dec 2017 02:01 WIB

Kemenpora Gelar Laga Sepak Bola Persahabatan di Perbatasan

Pembukaan pertandingan sepak bola persahabatan timnas Indonesia U-16, Timnas Timor Leste U-16, dan Bintang Timur Academy di Atambua, NTT, Jumat (15/12).
Foto: dok Humas Kemenpora
Pembukaan pertandingan sepak bola persahabatan timnas Indonesia U-16, Timnas Timor Leste U-16, dan Bintang Timur Academy di Atambua, NTT, Jumat (15/12).

REPUBLIKA.CO.ID, ATAMBUA -- Pemerintah melalui Kemenpora menggelar pertandingan sepak bola persahabatan di perbatasan yang berlangsung di Lapangan SSB Bintang Timur, Kabupaten Belu, Atambua, Nusa Tenggara Timur. Timnas Indonesia U-16, Timnas Timor Leste U-16 dan Bintang Timur Academy menjadi peserta dalam ajang yang berlangsung Kamis (14/12) hingga Sabtu (16/12).

Pembukaan ajang tersebut dihadiri oleh Deputi III Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Menteri Olahraga Timor Leste Osorio Florindo, Bupati Belu Willybrodus Lay, serta Ketua Komisi V DPR RI yang sekaligus pendiri SSB Bintang Timur Fary Djemy Francis. 

Dalam sambutannya, Isnanta memuji bagusnya lapangan yang dimiliki oleh SSB Bintang Timur. "Kepada rekan-rekan media, jangan salah nulis bahwasanya ini di Atambua, Kabupaten Belu, bukan di Eropa," candanya.

Isnanta pun mengatakan bahwa ajang ini bukanlah yang kali pertama di gelar oleh Kemenpora. Ia menuturkan bahwa sebelumnya juga pernah dilakukan laga serupa antara Indonesia dengan Malaysia yang berlangsung di Provinsi Kalimantan Barat.

"Hubungan persahabatan ditingkatkan melalui olahraga. Sebelumnya dilakukan terhadap Malaysia, kemudian Alor dengan Timor Leste. Lanjut kini terhadap Atambua dengan Timor Leste yang tanpa batas laut, di mana interaksi sosial terjadi setiap hari di perbatasan ini, sehingga kita kuatkan lagi interaksi sosial tersebut melalui olahraga," kata Isnanta di Atambua, Jumat (15/12).

Olahraga memiliki value yang luar biasa tak hanya sekadar meraih prestasi serta meningkatkan kebugaran, namun juga mampu membangun kebersamaan persaudaraan. "Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, pembangunan itu harus dimulai dari terdepan Indonesia di segala bidang, termasuk olahraga," imbuhnya.

Osorio Florindo yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini mampu membangun sejarah kebersamaan antara negara tetangga yang sangat berdekatan. 

"Kami berterima kasih kepada Menpora RI Imam Nahrawi, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Bupati Belu Willybrodus Lay, Fary Djemy Francis Ketua Komisi V DPR RI atas berlangsungnya kegiatan ini, karena melalui ajang ini mampu membangun komunikasi serta kedamaian di perbatasan," tutur Osorio Florindo.

Pada pertandingan timnas Indonesia U-16 kontra Bintang Timur Academy yang berlangsung Jumat dimenangkan oleh timnas U-16 dengan skor 4-0. Selanjutnya, Timnas U-16 yang dibesut Maman Suryaman akan menghadapi Timor Leste U-16 pada Sabtu (16/12). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement