Ahad 17 Dec 2017 16:18 WIB

Selangor FA Balas Kritik PSSI

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Citra Listya Rini
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi
Foto: Republika/Iftah Israr
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Selangor FA menanggapi kritik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait sejumlah pemain Indonesia yang hengkang ke Liga Malaysia. Presiden Selangor FA, Daruk Seri Subahan Kamal tak setuju pandangan Federasi Indonesia yang menilai para pemain tersebut akan kehilangan kesempatan membela skuat Garuda.

Subahan mengatakan, tak ada kaitan antara kontrak profesional pemain dan klub, dengan kewajiban membela skuat negara. Bagaimana bisa bermain di luar negeri dan menghasilkan lebih banyak uang, menjadi tidak patriotik, kata dia, seperti dikutip dari New Strait Times, Ahad (17/12).

Kata Subahan, selama ini Selangor FA tak pernah punya persoalan dengan pemain Indonesia. Tim tersebut, kata dia, punya sejarah panjang merekrut pemain-pemain timnas Garuda Indonesia seperti Bambang Pamungkas, Elie Eboy dan juga Andik Vermansyah. Para pemain tersebut selama ini tak punya kendala untuk bisa memperkuat timnas negaranya.

Baru-baru Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi bereaksi keras perihal hijrahnya para penggawa timnas Garuda Indonesia ke Liga Malaysia dan Thailand. Usai Liga 1 2017, memang tercatat ada tiga para pemain Garuda yang hengkang ke liga jiran.

Mereka antara lain, duo Bhayangkara FC Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armayin. Keduanya resmi ikat kontrak dengan Selangor FA. Satu lagi yakni pemain Persija Jakarta, Ryuji Utomo yang hengkang PTT Rayong klub Liga 2 di Thailand.

Edy kecewa dengan pilihan kontrak para pemain tersebut dengan sejumlah alasan. Menurut dia, hijrahnya para pemain tersebut akan mengganggu jadwal dan program latihan timnas asuhan pelatih Luis Milla Aspas. Sebab, menurut Edy, akan sulit bagi pemain di luar negeri pulang mengikuti latihan dan membela timnas Garuda.

Terutama, kata Edy, para pemain yang terikat kontrak dengan Malaysia. Alasan lainnya, menurut Edy para penggawa timnas tersebut akan didikte cara bermainnya. Itu mengingat Malaysia merupakan salah satu timnas negara rival bagi Indonesia. Selain tiga nama itu, pun sebetulnya Andik Vermansyah selama ini juga memperkuat Selangor FA.

Menanggapi tudingan Edy tersebut memang tak terasa tergganggu, Dia (Edy) bisa bilang apa yang dia mau, sambung Subahan. Akan tetapi, kata dia ungkapan PSSI tersebut mengganggu jalannya upaya merekrut pemain Indonesia lainnya, yakni Achmad Jufriyanto. Selangor FA dikatakan sedang dalam negosiasi untuk mengikat kontrak pemain Persib Bandung tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement