Selasa 19 Dec 2017 15:57 WIB

Piala Presiden 2018 akan Diikuti 20 Klub

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah pemain dan petugas pendukung klub sepak bola Arema FC melakukan selebrasi kemenangan saat menjuarai Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Minggu (12/3).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Sejumlah pemain dan petugas pendukung klub sepak bola Arema FC melakukan selebrasi kemenangan saat menjuarai Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Minggu (12/3).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Operator kompetisi sepak bola nasional, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan 20 klub akan menjadi peserta Piala Presiden 2018. PT LIB pun memastikan akan menghadirkan kompetisi pemanasan sebelum Liga 1 2018 tersebut digelar di lima kota tuan rumah.

Presiden Direktur LIB Berlinton Siahaan mengatakan, lima kota tuan rumah itu, yakni di Bandung, Jawa Barat (Jabar) dan di Jawa Timur (Jatim) yang mengambil tempat di Malang serta Surabaya. Adapun dua kota lainnya, yakni di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Bali.

"Kami sebetulnya mau ada satu di Sumatra. Seperti di Medan. Tapi stadion di sana (Stadion Teladan) dalam tahap renovasi," kata Berlinton, Selasa (19/12).

Selain menjadi presiden direktur kompetisi Liga 1, Berlinton di Piala Presiden 2018 juga ditunjuk PSSI sebagai Ketua Komite Penyelenggara (OC) Piala Presiden. PSSI juga menunjuk politikus PDI Perjuangan, Maruarar Sirait sebagai Ketua Pengawas (SC) Piala Presiden 2018.

Nama Maruarar tak asing dalam gelaran Piala Presiden. Gelaran serupa pada 2017, legislator di DPR itu juga menjadi ketua SC. Maruarar juga pernah bersama Mahaka Sport and Entertainment menggelar Piala Presiden 2016 saat Liga Indonesia vakum akibat pembekuan sejak 2015 lalu.

Berlinton melanjutkan, untuk Piala Presiden 2018, berbeda dari gelaran serupa sebelumnya. Tahun lalu, kesebelasan peserta merupakan seluruh tim yang disiapkan tampil di Liga 1 2017. Peserta tahun lalu, ada sebanyak 18 tim. Sedangkan Piala Presiden 2018, diikuti sebanyak 20 tim.

Berlinton menerangkan, 20 klub tersebut sebanyak 15 di antaranya merupakan kesebelasan yang bertahan di Liga 1 2018. Itu artinya ada tiga tim terdegradasi dari Liga 1 yang tak ikut yakni Semen Padang FC, Persiba Balikpapan, dan Persegres Gresik United. Tiga tim tersebut turun ke kasta Liga 2 pada musim depan.

Adapun lima klub lainnya, tiga di antaranya merupakan kesebelasan Liga 2 yang berhasil promosi ke Liga 1 musim depan. Yakni Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang. Dua tim lagi, juga berasal dari Liga 2. Yaitu, Martapura FC dan PSPS Pekan Baru yang menempati peringkat kelima dan keenam klasemen akhir Liga 2 2017.

Mengenai jadwal kick-off perdana, Berlinton menerangkan, Piala Presiden 2018 akan dimulai pada pertengahan Januari. Kata dia, perkiraan kompetisi tersebut akan pungkas selama sebulan sampai pertengahan Februari. Gelaran Piala Presiden 2018 berlangsung singkat karena PSSI merencanakan akan memulai Liga 1 2018 pada akhir Februari atau awal Maret.

Meski sudah memetakan peserta dan jadwal, namun PT LIB diakui Berlinton masih menggodok format kompetisi. Ia memastikan, PT LIB dan PSSI sudah mendapatkan restu dari Presiden RI Joko Widodo untuk tetap menggelar Piala Presiden 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement