Rabu 20 Dec 2017 07:45 WIB

Rivaldo Sarankan Barca Pakai Formasi 4-4-2 Lawan Madrid

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Rivaldo
Foto: EPA-EFE/AARON UFUMELI
Rivaldo

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Legenda timnas Brasil yang sempat berkiprah bersama Barcelona, Rivaldo, menyarankan agar Los Azulgrana menggunakan formasi 4-4-2 pada laga El Clasico melawan Real Madrid akhir pekan nanti. Menurutnya, pakem tersebut sangat cocok untuk memburu tiga poin saat berkunjung ke markas Madrid.

Barca memang cukup akrab dengan formasi 4-4-2 sejak kedatangan Ernesto Valverde sebagai pelatih kepala. Pria asal Basque kini membuat Lionel Messi dan kawan-kawan lebih fleksibel soal taktik dan tidak hanya mengandalkan 4-3-3 seperti yang terjadi beberapa musim terakhir.

Menurut Rivaldo, Barca sangat cocok dengan formasi 4-4-2 lantaran punya stok pemain yang melimpah di lini tengah. Formasi ini dinilai paling pas untuk laga di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12).

"Saya pikir formasi 4-4-2 dengan Sergio Busquets, Rakitic, Paulinho dan Iniesta akan bagus. Ini akan menjadi cara terbaik Barca untuk bermain di Madrid karena Anda mungkin akan mencari kemenangan di sana," terang pria yang kini berusia 45 tahun dilansir Marca, Rabu (20/12).

Alhasil, dengan menggunakan skema tersebut, maka Barca hanya akan memakai dua penyerang yakni Luis Suarez dan Lionel Messi. Tentu saja ini sesuai dengan kondisi Barca yang sudah pasti tidak bisa menurunkan Paco Alcacer dan Gerard Deulofeu yang belum bisa berkontribusi banyak bagi klub.

Sementara itu, Rivaldo secara khusus menyampaikan sebuah pujian kepada Paulinho. Pemain asal Brasil ini mampu membungkam keraguan yang menyertai transfernya ke Camp Nou dengan aksi bagus di lapangan.

"Saat dia bergabung ke Barcelona, dia diragukan oleh suporter dan media. Tapi dia telah melakukan sesuatu yang mengesankan. Saya bisa katakan dia transfer yang bagus, dia pemain bagus dan kini juga bisa mencetak gol."

Barca saat ini bercokol di urutan pertama kompetisi La Liga 2017/2018 dengan torehan 42 poin unggul 11 angka dari Real Madrid yang tercecer di tempat keempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement