Jumat 22 Dec 2017 07:36 WIB

Morientes: Barca Perlu Lakukan Guard of Honor untuk Madrid

Fernando Morientes
Foto: EPA/Alberto Martín
Fernando Morientes

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Duta Besar La Liga Fernando Morientes sepakat dengan usulan bintang Real Madrid bahwa Barcelona perlu melakukan guard of honor untuk Los Blancos sebelum laga el clasico di Stadion Bernabeu, Sabtu (23/12). Mantan pemain Madrid itu menyatakan guard of honor akan menunjukkan Blaugrana menghormati seteru abadinya yang baru saja meraih prestasi internasional. 

Madrid mengalahkan Gremio 1-0 pada 16 Desember lalu untuk memenangi Piala Dunia Antarklub. Ada kebiasaan dalam sepak bola Spanyol bahwa para pemain lawan melakukan guard of honor. Pada proses ini, pemain lawan membentuk dua baris untuk menyambut juara masuk ke lapangan. 

Pekan lalu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Ronaldo berpendapat guard of honor memang tidak diwajibkan namun akan menjadi tindakan yang bagus. Direktur Hubungan Institusional Barcelona Guillermo Amor mengatakan hal itu tidak tepat dilakukan pada el clasico kali ini. Sebab, La Liga adalah kompetisi yang berbeda dengan Piala Dunia Antarklub.

Morientes mengakui guard of honor memang bukan aturan tertulis. “Tidak ada yang bisa membuat seseorang melakukan guard of honor, tapi ini tentang sopan santun dan hormat,” kata pemain yang mencatat 182 penampilan untuk Madrid antara 1997 dan 2005 kepada Marca, dilansir dari ESPN FC, Jumat (22/12).

Morientes menambahkan guard of honor akan menjadi cara terbaik untuk menyampaikan kepada generasi muda untuk mengendurkan permusuhan. Dia menerangkan guard of honor akan menunjukkan sikap bahwa jika Madrid harus melakukannya untuk Barcelona maka Blaugrana juga akan melakukan hal serupa. 

“Ada banyak persaingan, tapi juga hubungan alamiah yang normal,” kata dia. 

Menurut dia, guard of honor ini akan menunjukkan persahabatan di luar lapangan, yang selama ini tidak terlihat. Dia menambahkan ini tidak akan mengurangi persaingan di atas lapangan. “Di lapangan tidak ada teman, semua ingin menang,” ujar dia. 

Madrid menghadapi el clasico pertama musim ini dengan terpaut 11 angka di bawah Barcelona yang memuncaki klasemen sementara La Liga. Morientes mengatakan mantan rekan setimnya Zinedine Zidane secara realistis harus mengambil tiga poin untuk menjaga harapan mereka mempertahankan gelar liga domestik tetap hidup.

"Madrid perlu menang, tidak ada cara lain," kata dia. 

Morientes menyatakan Madrid harus keluar dalam permainan dengan mentalitas mempertahankan gelar. “Jika Barca menang maka akan membuat segalanya menjadi sangat sulit. Memang selalu ada cara untuk menyelamatkan peluang tapi sangat penting untuk memasuki Februari tahun depan dengan harapan ada peluang mempertahankan gelar.”

Ilustrasi guard of honor. Pemain FC Barcelona diberi guard of honor oleh pemain Real Valladolid sebelum pertandingan sepak bola La Liga di Camp Nou di Barcelona, Spanyol, 19 Mei 2013. (EPA/ALBERT OLIVE) 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement