Jumat 22 Dec 2017 17:26 WIB

Kemenpora: GBK Sudah Bisa Gelar Pertandingan Internasional

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita
Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, yang sedang direnovasi.
Foto: ANTARA/Wahyu Putro A
Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, yang sedang direnovasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan stadion utama Gelora Bung Karno (GBK) sudah bisa difungsikan sebagai lokasi tanding sepak bola pada Januari 2018. Stadion GBK Kemungkinan besar bisa digunakan perdana pada pertandingan timnas Indonesia saat menjamu Islandia pada 14 Januari mendatang. 

Sesmenpora Gatot Dewa Broto mengatakan, perampungan pemugaran stadion kebanggaan Indonesia itu sudah mencapai 99 persen. “Kabar langsung dari Kemen PU (Kementerian Pekerjaan Umum) kondisi rumput dan seluruh stadion GBK sudah bisa digunakan untuk pertandingan sepak bola internasional Januari 2018,” kata Gatot dalam pesan singkatnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (22/12). 

Laga persahabatan antara Garuda dan skuat Our Boys merupakan laga uji coba lanjutan timnas menuju Asian Games 2018. Laga tersebut menjadi pertandingan kedua bagi skuat Islandia di Tanah Air. Tiga hari sebelum menghadapi timnas atau pada 11 Januari, Islandia akan bertanding melawan tim Indonesian Selection di Maguwoharjo, Yogyakarta.

Terkait menjamu Islandia, PSSI sudah merencanakannya sejak November 2017. Kehadiran Islandia di Indonesia merupakan bagian dari safari tanding skuat tersebut di sejumlah negara Asia untuk persiapan menuju Piala Dunia 2018. 

Baru-baru ini, Islandia hadir di Qatar dan Cina. Indonesia menjadikan Islandia sebagai lawan uji coba lanjutan menuju pesta olahraga terbesar di Asia pada Agustus 2018. 

Sejak awal mengundang Indonesia, PSSI sudah menghendaki stadion GBK sebagai lokasi tanding. Stadion tersebut selama setahun ini memang tak bisa digunakan. Sebab pemerintah melakukan pemugaran total untuk persiapan Asian Games 2018. 

Gatot mengatakan, kepastian apakah PSSI tetap dibolehkan menggunakan GBK untuk menjamu Islandia masih menjadi kewenangan Kemen PU dan Setneg sebagai pemilik aset.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, kepada wartawan pada Kamis (20/12) pun mengatakan, belum ada jaminan GBK bisa digunakan perdana saat Indonesia menjamu Islandia. Tetapi, besar harapan federasi agar Kemenpora dan Kemen PU, juga Setneg memberikan izin penggunaan stadion tersebut pada 14 Januari. 

“Memang belum ada jaminan. Tetapi kita sudah menyurati pemerintah untuk bisa digunakan pada 14 Januari,” kata Ratu.

Jika pemerintah memberikan izin maka laga antara Indonesia dan Islandia menjadi pertandingan perdana di GBK setelah renovasi. Namun PSSI juga merencanakan penggunaan stadion GBK untuk laga lanjutan. Yaitu saat pertandingan J-League Asia Challenge 2017 pada 27 Januari mendatang.

Gelaran tersebut bukan pertandingan timnas. Melainkan laga antara Bhayangkara FC sebagai juara Liga 1 2017 menjamu Tokyo FC. Walakin, sepertinya kecil peluang pemerintah memberikan izin laga antarklub tersebut. Sebab, pemerintah punya rencana penggunaan Stadion GBK hanya digunakan untuk gelaran timnas.

Usai menjamu Islandia, timnas Indonesia juga akan memasuki masa test event Asian Games pada Februari mendatang. Ada tujuh negara yang diundang PSSI mengikuti laga pemanasan menjelang Asian Games tersebut. Namun test event tersebut pun rencananya tak digelar di Stadion GBK.

 

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement