Ahad 24 Dec 2017 05:49 WIB

Sentuhan Magis Mohamed Salah Terus Berlanjut di Liverpool

Mohamed Salah
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Mohamed Salah

Oleh Gilang Akbar Prambadi 

Wartawan Republika

Magis, demikian legenda Liverpool Jamie Carragher menilai permainan Mohamed Salah di atas lapangan. Carragher mengatakan, sentuhan striker kidal Liverpool itu sangat luar biasa.

Salah kini terus melesat di puncak daftar pencetak gol Liga Primer Inggris musim ini. Dari 19 pertandingan yang dimainkannya bersama Liverpool, penyerang asal Mesir ini sudah 15 kali menggetarkan jala gawang lawan.

Dibeli mahal oleh Liverpool dari AS Roma dengan harga 34 juta pound pada bursa musim panas Eropa 2017, Salah mampu membuktikan kualitasnya. Meski belum genap setahun berseragam Merah-Merah, Salah langsung nyetel dengan skema permainan dari pelatih Juergen Klopp yang gemar memasang tiga striker.

Bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino di depan, serta ditopang gelandang serang kreatif, Philippe Coutinho, Salah pun sukses menjadi striker serbaguna. Selain ulung sebagai pencetak gol dan pengobrak-abrik pertahanan lawan dari pinggir lapangan, Salah juga andal dalam mengirimkan umpan. Ada tiga assist yang dibukukannya sejauh ini.

Aksi terbarunya terjadi ketika ikut mencetak gol bagi Liverpool di kandang Arsenal, Stadion Emirates, Sabtu (23/12) dini hari WIB. Untuk gol pertama Liverpool yang dicetak Coutinho, Salah secara tak langsung jadi pemberi umpan. 

Pada prosesnya, striker 25 tahun ini melepaskan operan ke depan mulut gawang yang membentur bek Arsenal Laurent Koscielny. Bola lalu melayang dan langsung disambar oleh Coutinho dengan tandukan hingga masuk ke gawang the Gunners.

Untuk gol kedua, Salah jadi aktor tunggal. Pergerakannya sendirian di depan kotak 16 Arsenal mengingatakan siapapun kepada aksi seorang Lionel Messi. 

Sama-sama mengandalkan kaki kiri, Salah meliuk di antara para pemain bertahan Arsenal. Tak lama, mantan pemain Chelsea ini melepaskan tembakan melengkung yang tak bisa dijangkau oleh kiper Arsenal Petr Cech sehingga membuat Liverpool unggul 2-0.

Sayang, usaha hebat Salah belum cukup untuk membuat timnya membawa pulang tiga angka dari Kota London. Laga harus selesai dengan skor 3-3. Namun, tambahan satu angka tersebut cukup untuk memastikan Liverpool aman menduduki peringkat keempat klasemen sementara dengan 35 angka dari 19 pertandingan.

Atas kontribusi optimalnya untuk Liverpool, pujian pun mengalir deras ke arah pemain yang punya selebrasi khas seorang pemain muslim, bersujud di atas rumput ini. "Apa yang dilakukan pria ini (Salah) sangat fantastis. Dia selalu ada di pertandingan penting, cuma pemain top yang bisa begini," kata Carragher dikutip dari Express, Sabtu.

Mantan pemain Liverpool dari 1996 sampai 2013 ini mengatakan, jika Salah sudah menguasai bola maka hal hebat akan terjadi. Carragher yakin, Salah bisa memberikan sesuatu yang indah bagi Liverpool musim ini.

"Salah tipikal pemain yang membuat kita layak menggantungkan ekspektasi. Saya percaya dia memang pemain tepat bagi tim ini," kata Carragher.

Salah pun sangat bahagia dengan kinerja menterengnya sejauh ini. Sosok yang dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika 2017 oleh BBC ini mengatakan, performa apiknya tak lepas dari bantuan teman-temannya.

Salah mengungkapkan, rekan-rekan barunya membuat ia bisa dengan baik menjalani adaptasi. Bintang timnas Mesir ini pun percaya diri bisa mengantar Liverpool meraih trofi.

"Saya mendapatkan dukungan yang luar biasa di sini. Saya ke Liverpool untuk mendapatkan gelar. Saya akan melalukannya untuk klub dan para suporter," kata Salah.

 

 

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement