Jumat 29 Dec 2017 11:00 WIB

Jadi Presiden Liberia, Weah: Saya Merasakan Emosi Bangsa

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
George Weah
George Weah

REPUBLIKA.CO.ID, MONROVIA -- Legenda AC Milan George Weah siap menjadi Presiden Liberia. Weah memenangkan pemilihan umum yang digelar negara tersebut.

Laporan BBC menuliskan tokoh 51 tahun itu mengantongi 61,5 persen suara. Sehingga tinggal menunggu waktu ia akan menjadi orang nomor satu di salah satu negeri di benua Afrika itu. Para pendukung Weah pun telah merayakan kemenangan idolanya.

"Hai warga Liberia. Saya merasakan emosi dari seluruh bangsa," tulis Weah dalam Twitter resminya dikutip dari BBC, Jumat (29/12).

Weah memahami tugas besar menantinya untuk membawa perubahan bagi negara tersebut. Sosok yang juga pernah berkostum Chelsea FC dan Manchester City ini menggantikan Ellen Johnson Sirleaf.  Ellen adalah presiden wanita pertama di benua tersebut. Serah terima jabatan akan segera berlangsung.

Mengenai Weah, sosok itu memiliki pengalaman hebat di dunia si kulit bundar sebelum terjun ke politik. Ia menjuarai liga lokal bersama AC Milan dan Paris Saint Germain.

Sejumlah  gelar individu pernah diraihnya. Pada 1995, ia menjadi pemain terbaik dunia versi FIFA, sekaligus peraih Ballon d'OR. Hingga saat ini, Weah satu-satunya orang Afrika yang memenangkan penghargaan prestius ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement