Jumat 29 Dec 2017 14:39 WIB

Pemain Persib Disebut Tua, Gomez Contohkan Javier Zanetti

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez.
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih Persib Bandung Roberto Carlos Mario Gomez menolak anggapan Maung Bandung kini ramai dengan pemain senior yang sudah kepala tiga. Para pemain Persib seperti Tony Sucipto, Michael Essien, Atep, Tantan, Sergio van Dijk, Supardi Nasir, Airlangga Sucipto, I Made Wirawan sampai Hariono, sudah di atas 30 tahun.

Bagi Gomez, usia pemain bukanlah tolok ukur kualitas pemain dianggap menurun. Bekas asisten pelatih Inter Milan itu mencontohkan salah satu anak asuhnya yang melegenda bersama I Nerazzurri Javier Zanetti yang konsisten bermain di level tinggi walau usianya sudah mendekati 40 tahun. 

"Banyak contoh pemain di luar negeri yang main hingga umur 35 tahun ke atas, kamu lihat (Javier) Zanetti dan sampai umur berapa dia bisa main," kata Gomez, dikutip dari laman resmi Persib, Jumat (29/12).

Bagi pelatih asal Argentina itu, umur yang menua tidak masalah dan tetap bisa diandalkan menjadi pemain utama sebuah tim. Yang penting, pelatih 60 tahun itu mengatakan, pemain senior tetap menjaga kedisiplinan menjaga fisik dan rutinitas latihan.

Bila kondisi fisik terjaga, Gomez yakin skill dan teknik bertanding seorang pemain juga relatif stabil. Pemain senior, menurut Gomez, juga sudah lebih tahu konsekuensi bila tidak menjaga pola hidup sehat. 

Gomez menuturkan, pengalaman pemain senior pasti akan membantu untuk memeragakan sepak bola cerdas dan mental bertanding yang belum tentu dimiliki semua pemain muda. "Satu hal lainnya yang sama pentingnya adalah mentalitas. Karena main di lapangan, mentalitas berperan besar saat kamu berhadapan dengan pemain lawan," ujar Gomez.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement