Rabu 10 Jan 2018 08:47 WIB

Milan, Inter, dan Wali Kota Berdebat Soal San Siro

Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza.
Foto: EPA/GERNOT HENSEL
Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza di Kota Milan, Italia, menjadi rumah bagi dua klub di kota mode tersebut. Debat terkait siapa yang akan menggunakan stadion tersebut mencuat pada Selasa (9/1) waktu setempat. AC Milan, Inter Milan, dan Wali Kota Milan Giuseppe Sala berdebat dengan penggunaan Stadion San Siro oleh kedua klub. 

Perdebatan dimulai ketika Wali Kota Milan Giuseppe Sala yang mengutarakan rencana Rossoneri membangun stadion baru dalam wawancara dengan Sky Sport Italia. Gagasan untuk membangun stadion yang dibangun khusus hanya untuk Milan memang telah beredar selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. 

Ini berarti Milan kerap tidak terlibat urusan pembahasan renovasi Stadion San Siro. Selama ini, hanya Inter yang membahas renovasi San Siro. Kemarin, Sala berbicara dengan Sky Sport Italia tentang berbagai pilihan dan area yang sesuai untuk struktur stadion untuk Milan. Bahkan, Sala menyatakan, ada periode dua hingga tiga bulan untuk mempertimbangkan lokasi tersebut. 

Namun, Milan membalas dengan mengeluarkan sebuah pernyataan yang bersikeras klub tersebut tidak berniat segera meninggalkan Stadion San Siro. Menurut Rossoneri, memastikan mereka tidak pernah mewujudkan keinginan untuk meninggalkan San Siro. 

“Meskipun Milan menganggap penting memikirkan masa depan untuk bermain di stadion sendiri dan tidak berbagi dengan tim lain, keputusan mengenai hal itu hanya akan dilakukan pada saat yang tepat, dengan kesepakatan penuh dari semua orang yang terlibat,” tulis Milan dilansir dari Football Italia, Rabu (10/1). 

photo
Penggemar AC Milan memberikan dukungan pada laga antara Milan dan Inter Milan di Stadion San Siro. (EPA/EMILIO ANDREOL)

 

Pernyataan Milan pun langsung mengundang reaksi dari Sala. Pria berusia 59 tahun itu menyatakan Milan tidak pernah ikut membicarakan renovasi stadion yang sedang direncanakan oleh Pemerintah Kota Milan dan Inter. 

Stadion San Siro memang arena pertandingan legendaris, baik bagi Milan maupun Inter. Namun, stadion berkapasitas 80 ribu penonton itu sudah tidak representatif sehingga perlu dimodernisasi. 

“Saya mencatat pernyataan Milan di San Siro. Mari kita buat sederhana ini: Saya pikir untuk Milan, para penggemar dan turis, stadion perlu dimodernisasi. Kapan Milan bisa memberi tahu saya apakah mereka tersedia atau tidak berinvestasi bersama kami di stadion kami? Biar jelas, undangan juga berangkat ke Inter, karena ini adalah stadion warga Milan.”

Inter, yang juga menggunakan stadion tersebut, bergabung dalam perdebatan di publik. Nerazzurri mengingatkan Sala bahwa Inter sudah menginvestasikan waktu dan sumber daya di stadion milik Pemerintah Kota Milan. 

“Rencana kami sudah jelas bagi semua orang dan belum berubah selama 18 bulan. Kami menunggu diskusi dengan semua pihak yang terlibat untuk membicarakan hal ini,” kata dia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement