Selasa 16 Jan 2018 20:43 WIB

Menpora Berharap Piala Presiden Diikuti Klub Luar

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi membagikan bola bertandatangan Presiden Joko Widodo ke Suporter pada pembukaan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1).
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi membagikan bola bertandatangan Presiden Joko Widodo ke Suporter pada pembukaan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berharap penyelenggaraan Piala Presiden di tahun-tahun berikutnya dapat diikuti klub dari luar negeri untuk lebih menyemarakkan kompetisi tahunan ini. "Sehingga lebih menggema lagi kebangkitan sepak bola Tanah Air ini sampai ke mancanegara," ujar Imam di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, Selasa (16/1).

Imam mengatakan, penyelenggaraan Piala Presiden ini merupakan salah satu kompetisi terbaik di Indonesia. Kompetisi yang telah bergulir ketiga kalinya ini, tidak pernah menggunakan APBN sedikit pun. 

"Ini berarti penyelenggara betul-betul mendapat kepercayaan dari sponsor, dari masyarakat bola," kata dia.

Selain itu, kata Imam, adanya transparansi penyelenggaraan membuat kompetisi menjadi sehat. Sebelum pertandingan pembuka antara Persib melawan Sriwijaya FC, salah satu panitia penyelenggara mengumumkan pendapatan dari hasil penjualan tiket.

Sekitar 25 ribu penonton yang memadati Stadion GBLA menyumbang pendapatan sebesar Rp 1 miliar lebih. Selain itu, penyelenggaraan ini mampu menggerakan ekonomi warga.

"Tadi diumumkan jumlah pendapatan, jumlah penonton, pedagang kaki lima, ini model yang luar biasa. Karena sesungguhnya bola itu mensejahterakan, bola menggembirakan dan gambaran itu kita lihat di pembukaan Piala Presiden yang ketiga di GBLA," katanya.

Pertandingan pertama Grup A Piala Presiden 2018 mempertemukan Persib dan Sriwijaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa. Dalam pertandingan tersebut, Persib berhasil menaklukkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0. 

photo
Pemain Persib Bandung Essien dan Ndouazel, ditempel dua pemain Sriwijaya FC Lobo dan Konate Makan pada laga perdana Piala Presiden antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (16/1).

 

Pendukung Persib Bandung dalam pertandingan itu tampak memenuhi stadion tersebut dan tidak berhenti menyanyikan yel-yel untuk mendukung Persib Bandung. 

Sebanyak 20 klub meramaikan Piala Presiden 2018. Rinciannya, 18 klub datang dari Liga 1 dan dua klub dari Liga 2. 

Seluruh peserta akan terbagi ke dalam lima grup (masing-masing dihuni empat tim) dan bertanding menjadi yang terbaik. Laga puncak dijadwalkan digelar pada 17 Februari 2018.

Sudah ada dua tim yang berhasil merebut prestasi dengan menjuarai Piala Presiden, yakni Persib Bandung yang ke luar sebagai juara pada edisi 2015 dan Arema merebut makhota juara pada edisi 2017.

Pertandingan fase grup di Piala Presiden 2018 yang dimulai hari ini, akan berlangsung di 5 kota, yakni Bandung, Malang, Surabaya, Denpasar dan Tenggarong. Sementara laga 8 besar akan digelar di Solo, Jawa Tengah.

 

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement