Rabu 17 Jan 2018 06:27 WIB

Iheanacho Cetak Gol VAR Pertama di Sepak Bola Inggris

Kelechi Iheanacho
Foto: EPA/PETER POWELL
Kelechi Iheanacho

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Kelechi Iheanacho menjadi pemain pertama yang mencetak gol yang diputuskan lewat VAR (Video Assistant Referee) di sepak bola Inggris. Ini terjadi saat Leicester mengalahkan Fleetwood 2-0 di Stadion King Power dalam pertandingan putaran ketiga Piala FA, Rabu (17/1) dini hari WIB, seperti dikutip dari BBC.

Iheanacho membuka skor pada menit ke-43 dengaan menuntaskan operan Islam Slimani. Gol kedua mantan striker Manchester City itu datang pada menit ke-77. Gol dari operan Riyad Mahrez awalnya dianulir karena offside, tapi kemudian dinyatakan masuk.

Wasit Jonathan Moss bekerja sama dengan ofisial video Mike Jones, yang mengatakan kepadanya bahwa kaki belakang Nathan Pond menjaga Iheanacho tetap onside. Gol tersebut diputuskan sah 67 detik setelah bola menggetarkan jala gawang.

Striker Leicester Jamie Vardy, yang absen pada hasil imbang 0-0 pada pertandingan awal, masuk sebagai pemain pengganti menghadapi klub lamanya. Fleetwood saat ini berada di posisi tengah di Liga Satu.

Ini adalah kali ketiga asisten asisten video (VAR) telah digunakan sebagai percobaan di sepak bola Inggris, bulan ini. Sebelumnya VAR digunakan pada laga Brighton vs Crystal Palace di Piala FA dan Chelsea vs Arsenal di Piala Carabao. VAR digunakan untuk berkonsultasi dalam membuat keputusan, tapi tak pernah digunakan untuk mengubahnya seperti yang terjadi pada laga Leicester ini.

Hasil pertandingan ulangan putaran ketiga Piala FA

Leicester City 2-0 Fleetwood Town

Mansfield Town 1-4 Cardiff City

West Ham United 1-0 Shrewsbury Town

Sheffield Wednesday 2-0 Carlisle United

Reading 3-0 Stevenage

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement