Senin 22 Jan 2018 17:28 WIB
Piala Presiden 2018

Barito Putera Atasi Perlawanan Martapura FC 4-2

Dengan nilai empat, Barito memuncaki klasemen sementara Grup B Piala Presiden.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Samsul Arif (kiri).
Foto: Twitter Piala Presiden 2018.
Samsul Arif (kiri).

 REPUBLIKA.CO.ID, TENGGARONG -- Barito Putera berhasil memetik kemenangan pertama pada laga Grup B Piala Presiden 2018. Tim asuhan Jacksen F Tiago mengatasi Martapura FC 4-2 dalam laga menarik di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Senin (22/1).

Dengan nilai empat, Barito memuncaki klasemen sementara Grup B. Tapi Mitra Kukar yang mengantongi nilai tiga dapat menggusur Barito andai menang atas Kalteng Putra malam ini.

Sementara Martapura FC dipastikan tersisih. Sebab peluang untuk setidaknya menjadi runner up sudah tak mungkin lagi secara matematis dengan dua kekalahan ini.

Martapura kebobolan gol cepat. Laga belum genap dua menit, Samsul Arif sudah menaklukkan kiper Martapura M Juni Irawan. Memanfaatkan lemparan ke dalam Aaron Evans, Samsul menyundul bola dari sudut sempit yang gagal dihentikan Juni.

Laskar Sultan Adam merespons gol Samsul dengan memberikan tekanan ke pertahanan Barito. Dengan serangan terskema dengan baik, Martapura cukup merepotkan pertahanan Laskar Antasari.

Hingga pada menit ke-12, Martapura sudah dapat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Bissa Donald. Ia memanfaatkan kesalahan kiper Dian Agus Prasetyo untuk menjebol gawang Barito.

Gol ini membuat permainan semakin menarik. Barito bermain terbuka sementara Martapura yang fokus mengandalkan serangan balik beberapa kali menghadirkan ancaman.

Dari satu situasi serangan balik, Martapura nyaris memperbesar skor pada menit ke-41. Tapi Dian Agus Prasetyo menyelamatkan gawangnya saat ia bergerak cepat kembali ke posisinya untuk mementahkan percobaan pemain Martapura yang berada di mulut gawang kosong.

Kegagalan memaksimalkan peluang emas ini harus dibayar mahal. Lskar Sultan Adam akhirnya kebobolan pada menit ke-44. Gol berawal dari umpan silang Barito. Satu bek Martapura mencoba menghalau akan tetapi, bola tak bergerak jauh dari kotak penalti.

Samsul yang menyambut bola muntahan itu dengan sigap melepaskan tendangan mendatar menyilang untuk mengecoh Juni. Skor 2-1 menjadi milik Barito hingga babak kedua berakhir.

Memasuki babak kedua, Martapura berhasil menyamakan kedudukan. Kembali dari kesalahan Dian Agus, Bissa Donald menggetarkan jala gawang Laskar Antasari untuk kali kedua.

Asa Martapura untuk membuat kejutan kembali meredup setelah Barito kembali mencetak gol pada menit ke-66. Ady Setiawan yang masuk dari bangku cadangan membobol gawang Martapura FC melalui sepakan keras dari dalam kotak penalti. 

Barito semakin menjauh pada menit ke-69. Tendangan terarah Rizky Pora ke pojok kanan gawang gagal diantisipasi oleh Juni Irawan.

Tertinggal dua gol, Martapura FC tak kehilangan gairah untuk mencetak gol. Akan tetapi ketidaktenangan dalam penyelesaian akhir membuat Martapura gagal untuk setidaknya menyamakan kedudukan.

Sementara Barito yang terus menekan juga tak bisa memperbesar skor. Samsul Arif beberapa kali mendapatkan kesempatan mencetak hattrick, namun gagal. Termasuk saat tendangan setengah voli sambil memutar badan di kotak penalti yang hanya melambung di atas gawang.

Lihat dua gol Bissa Donald ke gawang Barito: (sumber: Twitter Piala Presiden 2018)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement