Rabu 24 Jan 2018 05:27 WIB

Bek Muenchen Sebut Timnya tak akan Juara Liga Champions

Mats Hummels tidak yakin performa Bayern Muenchen bisa bersaing di level Eropa.

Mats Hummels
Foto: EPA/CHRISTIAN CHARISIUS
Mats Hummels

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN — Bek tengah Bayern Muenchen Mats Hummels mengatakan timnya tidak akan memenangkan Liga Champions musim ini, kecuali mereka beruntung. Muenchen memang memimpin klasemen sementara Bundesliga, tetapi Hummels tidak yakin performa Die Roten bisa bersaing di level Eropa. 

Hummels, mantan kapten Borussia Dortmund, merupakan anggota tim Juergen Klopp yang kalah melawan Muenchen 2-1 di Wembley pada final Liga Champions 2013. Dalam sebuah wawancara dengan Nitro, Hummels mengatakan, skuat FC Hollywood memiliki potesi untuk mengangkat trofi Liga Champions kalau bisa melewati Besiktas pada babak 16 besar, Februari mendatang.

Namun, dia juga percaya, memenangkan gelar akan menjadi langkah terlalu jauh musim ini. “Cara kami bermain sejauh ini, saya tidak yakin bisa menang. Tentu saja, kami bisa beruntung, tetapi saya yakin kami harus memperbaiki banyak area,” katanya dilansir dari ESPN FC, Rabu (24/1).

Muenchen mengawali musim ini dengan kurang meyakinkan setelah kalah 0-3 dari Paris Saint-Germain pada penyisihan Grup B Liga Champions. Bahkan, Muenchen langsung memecat Carlo Ancelotti setelah pertandingan tersebut dan menggantikannya dengan Jupp Heynckes. 

Muenchen membalas kekalahan di Paris itu dengan menumbangkan PSG 3-1 di kandang, Allianz Arena. Muenchen pun lolos sebagai runner-up dengan hanya kalah selisih gol dari Paris Saint-Germain pada penyisihan Grup B. 

Di kompetisi domestik, Die Roten kokoh di puncak klasemen sementara Bundesliga dengan keunggulan 16 angka dari pesaing terdekatnya, Bayer Leverkusen. Muenchen hanya menelan dua kekalahan dan dua imbang pada 19 pertandingan Bundesliga musim ini.

“Kami harus terus membaik kalau ingin memiliki kesempatan di Eropa. Saat ini, kami tidak berada pada performa yang kami inginkan,” kata dia. 

photo
Mats Hummels (tengah) ketika masih memperkuat Borussia Dortmund bersama Marcel Schmelzer (kanan) gagal menghalau bola Mario Mandzukic (kedua dari kanan) pada final Liga Champions di Stadion Wembley, London, Inggris, 25 Mei 2013. Mandzukic mencetak gol pembuka untuk mengantar Muenchen menang 2-1 atas Dortmund. (EPA/TOM HEVEZI)

Keunggulan di kompetisi domestik tidak lantas membantu Muenchen di Eropa. Hummels meyakini Bundesliga tertinggal dari liga top Eropa lainnya. 

Dia menambahkan persaingan di Liga Jerman tidak seketat liga papan atas Eropa lainnya. Liga Jerman tidak memiliki tim kedua atau ketiga yang dapat secara konsisten meraih angka. 

Ini terlihat ketika Muenchen mengakhiri musim lalu dengan keunggulan 15 angka dari RB Leipzig. "Liga lain jelas di depan. Liga Spanyol dan Inggris adalah yang terkuat. Kami harus berhati-hati untuk tidak tergelincir di belakang liga lainnya,” kata dia. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement