Sabtu 27 Jan 2018 18:54 WIB

Klopp Ingin Kembalikan Konsistensi Liverpool

Liverpool menderita kekalahan 0-1 dari Swansea City pekan lalu.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Juergen Klopp
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Frustrasi. Demikian juru taktik Liverpool Juergen Klopp menggambarkan perasaannya usai melihat Roberto Firmino dan kawan-kawan ditekuk tim penghuni zona degradasi Swansea City akhir pekan lalu. Kekalahan dengan skor 0-1 pada laga pekan ke-24 Liga Primer Inggris 2017/2018 itu memusingkan Klopp karena performa buruk pasukannya.

Penampilan sensasional ketika mengalahkan Manchester City pekan sebelumnya seolah hilang. Rekor tak terkalahkan dalam 18 laga terakhir padasemua ajang kandas seketika.

Klopp pun menuntut timnya kembali ke jalur konsistensi saat menjamu West Bromwich Albion (WBA) pada laga babak keempat Piala FA, Ahad (28/1) dini hari WIB. Klopp mengatakan, mendekati akhir musim 2017/2018 seperti sekarang, seharusnya pasukan the Anfield Gank semakin menunjukan grafik meroket.

Pelatih asal Jerman ini sempat menduga grafik naiknya performa Liverpool akan terus terjaga seiring kemenangan atas City yang sebelum jumpa the Reds belum terkalahkan di ajang Liga Primer Inggris musim ini. Namun sebaliknya, Liverpool seolah terjun bebas dari puncak penampilan ketika ditekuk Pasukan Angsa.

Untuk itulah, bagi Klopp kemenangan atas WBA wajib hukumnya. Klopp tak sekadar melihat kemenangan atas WBA sebagai jalan untuk lebih dekat ke misi meraih trofi Piala FA. Lebih dari itu, pelatih berusia 50 tahun ini menilai kemenangan melawan WBA bisa mengembalikan sentuhan timnya agar kembali konsisten.

"Saya pikir kondisi kami sangat baik jelang menghadapi WBA. Kekalahan melawan Swansea harus dilupakan, sama seperti kami seharusnya melupakan kemenangan melawan City," kata Klopp dikutip dari Liverpool Echo.

Mantan Pelatih asal Jerman ini menyatakan, laga melawan WBA bisa jadi sebuah kesempatan emas bagi timnya untuk mengistirahatkan para penggawa skuat utama. Menurut Klopp, meski ada hasrat untuk mengangkat trofi Piala FA di akhir musim, target utama Liverpool tetaplah finis di peringkat keempat klasemen Liga Primer Inggris.

Untuk itulah, timnya harus punya tenaga ekstra ketika menghadapi laga pekan ke-25 Liga Primer Inggris tiga hari setelah menghadapi WBA. Pada laga tersebut, Liverpool ditunggu oleh tuan rumah Huddersfield Town di Stadion The Jhon Smith's, Rabu (31/1).

Saat ini, Liverpool masih duduk di peringkat keempat dengan 47 angka dari 24 pertandingan. Tabungan angka the Kop sangat riskan disalip oleh Tottenham Hotspur di posisi kelima yang punya 45 angka dari jumlah pertandingan yang sama.

Hanya, Spurs punya waktu lebih lama satu hari ketimbang Liverpool dalam mempersiapkan pertandingan pekan ke-25. Hal itu karena meski sama-sama memainkan laga babak keempat Piala FA pada tanggal 28 Januari, Spurs baru akan melakoni laga pekan ke-25 pada Kamis (1/2).

"Rotasi termasuk melawan WBA jadi opsi paling realistis agar tim ini bisa konsisten menyelesaikan setiap pekan sampai musim berakhir," kata Klopp.

Pelatih yang pernah membesut Mainz 05 ini mengungkapkan, nama -nama yang jarang mendapatkan kesempatan bisa unjuk gigi saat melawan WBA nanti. Tiga di antarnya adalah trio penyerang Daniel Sturridge, Danny Ings, dan pemain muda Dominic Solanke.

"Sturridge, Ings, dan Solanke selalu menunjukkan mental hebat setiap latihan. Mereka layak untuk kembali diandalkan," ujar Klopp.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement