Ahad 28 Jan 2018 08:05 WIB

Barcelona tak Pandang Sebelah Mata Alaves

Melawan Alaves yang tengah tercecer di urutan ke-16 bukanlah perkara yang sulit.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde
Foto: AP/Thanassis Stavrakis
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Hingga memasuki paruh kedua La Liga musim 2017/2018, Barcelona menampilkan performa menawan. Blaugrana belum tersentuh kekalahan menjelang laga pekan ke-21 melawan Deportivo Alaves di Stadion Camp Nou, Senin (29/1) dini hari WIB.

Partai ini terbilang mudah mengingat sang lawan berada dalam situasi sulit. Melawan Alaves yang tengah tercecer di urutan ke-16 bukanlah perkara yang sulit bagi pasukan Ernesto Valverde. Lionel Messi dkk diprediksi mampu memenangkan pertandingan, bahkan dengan jumlah gol yang besar.

Mekipun begitu, Valverde tetap meminta anak asuhnya tetap membumi dan tak memandang remeh setiap lawan yang akan mereka hadapai. Sebab, perjalanan liga masih panjang. "Kami harus tetap fokus hingga akhir musim. Tak ada lawan yang mudah di kompetisi ini, dan hal itu terjadi pada Copa del Rey pekan lalu. Barca harus selalu menghormati para lawan," ucap Valeverde dikutip laman resmi klub, Kamis (25/1).

Pernyataan Valverde beralasan. Sebab dalam dua pertemuan menghadapai Alaves, Barca hanya memetik satu poin dengan satu kekalahan pada september 2016 silam.

"Kami tentu ingin meraih kemenangan dan bermain di hadapan pendukung sendiri menambah kepercayaan diri. Alaves tim hebat, meski saat ini mereka kesulitan. Saya percaya kami harus tetap waspada," sambung eks pelatih Athletic Bilbao.

Phillipe Coutinho diharapkan akan tampil menyusul cedera Andreas Iniesta dan Paco Alcacer. Coutinho sebelumnya sudah membuat debut saat Barcelona mengalahkan Espanyol 2-0 pada Copa del Rey.

Di kubu tim tamu, Alaves yang baru saja tergusur dari Copa del Rey sedang mencari obat penawar luka. Pelatih Abelardo Fernandez mengatakan apabila timnya mencoba untuk terus berusaha agar tetap bertahan di kompetisi tertinggi musim depan.

"Kami memiliki keinginan untuk tetap bertahan di sini (La Liga), namun perjuangan itu harus dibutikan oleh kami. Semuanya bisa berjalan dengan usaha keras," tegas pria 47 tahun dilansir laman resmi klub.

Fernandez juga bertekad untuk mempertahankan dua rekor baik Alaves saat berhadapan dengan Barca, pria berkepala plontos itu mengatakan, timnya akan tampil habis-habisan untuk bisa terlepas dari jurang degradasi.

"Keinginan kami untuk menang, tapi Barca merupakan tim hebat sejak beberapa tahun lalu. Kini bagaimana kami akan bermain, kita lihat saja nanti. Saya yakin anak-anak ingin berusaha memeberikan yang terbaik bagi klub dan juga pendukung."

Pada laga nanti Alaves bakal kehilangan Rodrigo Ely karena akumulasi kartu yang didapat pada pertandingan terakhir melawan Leganes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement