Senin 29 Jan 2018 20:35 WIB

Persija Sementara Tertinggal 0-2 dari Bali United

Bali United mengungguli Persija pada babak pertama laga terakhir penyisihan Grup D.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Piala Presiden 2018
Foto: Dok Liga Indonesia
Piala Presiden 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bali United sementara unggul  atas Persija Jakarta. Babak pertama laga terakhir penyisihan Grup D Piala Presiden 2018  antara kedua kesebelasan di Stadion Wayan Dipta, Gianyar, pada Senin (29/1), berakhir dengan skor 2-0.

Pelatih Bali Widodo Cahyono Putro menerapkan permainan 4-3-3 pada laga kali ini. Tiga penyerang yang turun sebagai starter, yakni Yabes Roni, Stefano Lilipaly, dan Ilija Spasojevic.

Strategi serupa juga diterapkan oleh pelatih Persija, Stefano Cugura Tecco. Formasi 4-3-3 menempatkan Bambang Pamungkas, Riko Simanjuntak dan Ivan Carlos di lini serang.

Para penggawa Serdadu Tridatu mengawali pertandingan dengan tampil terbuka. Bali mencoba melakukan serangan dari semua lini. 

Namun, para penggawa dari Macan Kemayoran masih disiplin mengantisipasi serangan Bali. Sampai lima menit pertama pertandingan tak ada peluang berarti.

Aksi serangan Bali menuai hasil cepat pada menit ke-8. Umpan dari lini kanan oleh Lilipaly ke areal pertahanan Persija mengantarkan bola ke arah Spaso. 

Cepat saja bomber tersebut melepaskan tendangan dari luar kotak 16. Sepakan kaki kanan pemain keturunan Serbia tersebut keras mengarah ke gawang.

Kiper Rizky Darmawan tak mampu mengantisipasi. Gol pun terjadi. Skor pembuka 1-0 milik Bali.

Tertinggal satu gol, membuat para Macan Kemayoran meninggikan intensitas permainan. Dua kali gawang Serdadu Tridatu terancam. 

Pada menit ke-20, Persija memiliki peluang membalas lewat sepakan bebas dekat kotak penalti oleh Fitra Ridwan. Namun, sepakannya berhasil digagalkan kiper Wawan.

Bali United pun tak mau menurunkan agresivitas permainannya. Upaya melakukan serangan dilakukan kembali oleh Lilipaly. 

Bola kembali mengarah kepada Spaso yang berada di areal penalti. Namun, upaya Spaso menanduk bola didorong keras oleh pemain belakang Ismed Sofyan. Wasit menganggap itu pelanggaran dan menunjuk titik putih.

Petaka kembali menerpa Persija. Bola hasil sepakan 12 pas oleh Kevin Brands menjebol gawang Macan Kemayoran. 

Skor menjadi renggang 2-0. Peluang emas Persija di menit ke-27 lewat sepakan bebas di dekat kotak penalti oleh Ismed Sofyan lagi-lagi gagal menjebol gawang Bali.

Menjelang babak pertama pungkas, Persija berada dalam kendali para penggawa Bali. Lilipaly sempat membuat skor menjadi 3-0 pada menit ke-35 setelah menerima umpan baik dari tengah lapangan oleh Spaso. 

Tendangan keras Lilipaly, kembali menjebol gawang Persija. Namun, hakim garis melihat posisi Lilipaly dalam garis offside. Skor tetap 2-0. Skor tersebut pun bertahan sampai plui tanda rehat. Babak pertama menjadi milik Bali United.

 

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement