Kamis 01 Feb 2018 20:41 WIB

Batshuayi Diharapkan Jadi Lumbung Gol Dortmund

Dortmund akan melawat ke markas tim juru kunci Cologne pada Jumat (2/1) besok.

Michy Batshuayi.
Foto: Twitter/@BVB
Michy Batshuayi.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN — Borussia Dortmund memiliki rekam jejak berhasil mencari pemain pengganti untuk penyerang papan atas yang hengkang. Pemain pengganti memiliki efisiensi yang sama di lini depan dengan sang penyerang yang hengkang. 

Klub Lembah Ruhr itu pun berharap dapat meneruskan laju ini dengan kedatangan Michy Batshuayi. Dengan hanya dua kemenangan dari 13 pertandingan terakhirnya di liga dan sama sekali gagal meraih kemenangan pada tiga pertandingan terakhir, Dortmund sangat mengharapkan gol-gol Batshuayi.

Dortmund akan melawat ke markas tim juru kunci Cologne pada Jumat (2/1). Pemain Belgia itu bergabung sampai akhir musim dengan status pinjaman dari Chelsea untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh Pierre-Emerick Aubameyang.

Aubamyeng yang berstatus pencetak gol terbanyak di Liga Jerman musim lalu hengkang ke Arsenal dan Liga Inggris pada Rabu (31/1). Bagi Dortmund, menggantikan pemain internasional Gabon itu bukan perkara mudah.

Aubameyang mengoleksi 98 gol dari 144 pertandingan Liga Jerman untuk Dortmund. Ia juga mengukir 15 gol dari 32 pertandingan Liga Champions untuk mereka serta 15 gol lainnya dari 15 pertandingan Piala Jerman selama 4,5 tahun kiprahnya di Jerman.

Namun, Aubameyang melakukan sejumlah pelanggaran disiplin musim ini. Pelanggaran ini termasuk ketika dia absen pada dari pertandingan pekan lalu, yang diduga sebagai upaya memaksakan transfernya. 

Aubameyang yang tidak fokus membuat para penggemar Dortmund marah. Padahal, sebelumnya, ia merupakan favorit para penggemar karena selalu menyuguhkan penyelesaian mematikan ketika 13 gol di liga musim ini. 

Ketika tiba di Dortmund pada 2013, Aubameyang merupakan pelapis untuk Robert Lewandowski pada 2013. Hanya setelah pemain Polandia itu hengkang ke Bayern Muenchen, Aubameyang baru benar-benar bersinar.

Tiga tahun sebelumnya, Lewandowski tiba di Dortmund juga sebagai pemain pelapis dari pencetak gol Dortmund saat itu Lucas Barrios. Saat pemain internasional Paraguay itu pergi, Lewandowski mampu mengukir namanya sebagai salah satu penyerang paling efisien di Eropa. Bahkan, dia pencetak gol terbanyak di Liga Jerman sebanyak dua kali, yakni pada musim 2013/2014 dan 2015/2016. 

Batshuayi belum memiliki pencapaian serupa Lewandowski atau Aubameyang. Pemain internasional Belgia itu baru  mengoleksi 19 gol dalam 53 penampilan untuk Chelsea di semua kompetisi sejak didatangkan dari Olympique Marseille pada Juli 2016. 

Namun setelah gagal memastikan pelatih Chelsea Antonio Conte untuk memberinya tempat di tim inti, pemain 24 tahun itu berharap dapat lebih banyak tampil di tim inti. Pemain yang mewakili negaranya di Piala Eropa 2016 itu ingin punya peluang untuk bermain di Piala Dunia tahun ini di Rusia.

Saat ini, Dortmund telah turun ke peringkat keenam. Pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Muenchen terlihat tidak dapat dihentikan ketika mereka mengejar mahkota keenamnya secara beruntun di Liga Jerman.

Muenchen telah membangun keunggulan 16 poin di puncak klasemen dan akan berhadapan dengan tim papan bawah Mainz pada Sabtu (3/2) . Tim peringkat kedua Bayer Leverkusen, yang memiliki 34 poin, akan melawat ke markas Freiburg.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement