Jumat 02 Feb 2018 09:01 WIB

West Ham Sanksi Direkturnya karena Tindakan Rasialis

Tony Henry mengatakan West Ham tidak akan mendatangkan pemain Afrika lagi.

Para pemain West Ham United. (Ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Para pemain West Ham United. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — West Ham memberkan sanksi kepada direktur perekrutan pemain mereka Tony Henry karena tindakan rasialis. West Ham mengatakan Henry telah dihentikan sementara menunggu penyelidikan menyeluruh dan menyeluruh. 

Henry dituduh bersikap rasialis ketika menyatakan West Ham tidak akan mendatangkan pemain asal Afrika lagi. Henry mengatakan pemain Afrika menyebabkan kekacauan saat mereka tidak berada dalam tim.

"Klub tidak akan memberikan komentar lebih lanjut sampai penyelidikan selesai,” kata West Ham dalam sebuah pernyataan dilansir dari BBC, Jumat (2/1).

Dalam pernyataan tersebbut, West Ham mengatakan tidak akan menoleransi segala jenis diskriminasi. Karena itu, the Hammers memutuskan bertindak cepat karena tuduhan tersebut sangat serius. 

Klub juga menyatakan semua karyawan dilatih tentang kesetaraan, keragaman dan bias bawah sadar terhadap orang yang berbeda. "Keluarga West Ham United adalah tempat yang inklusif, terlepas dari jenis kelamin, usia, kemampuan, ras, agama atau orientasi seksual, semua orang merasa diterima,” kata klub.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) juga mengatakan akan secara resmi menyelidiki masalah ini. Sementara Asisten Pesepak bola Profesional (PFA) mengaku terkejut dengan berita yang memuat komentar Henry. 

PFA juga mendorong West Ham memberikan respons atas masalah tersebut. "PFA mengecam keras pandangan semacam itu dan tidak ada tempat bagi mereka dalam sepakbola," kata dia. 

West Ham memiliki enam anggota skuat utama keturunan Afrika, yakni Cheikhou Kouyate, Pedro Obiang, Joao Mario, Angelo Ogbonna, Arthur Masuaku dan Edimilson Fernandes. Penyerang Senegal Diafra Sakho meninggalkan klub di jendela transfer Januari untuk bergabung dengan Rennes sedangkan pemain internasional Ghana Andre Ayew menuju Swansea.

West Ham berada di urutan ke 12 di Liga Primer, tetapi hanya unggul empat poin di atas zona degradasi. Henry, yang sebelumnya pernah bekerja untuk Everton, Sunderland dan Chelsea, bergabung dengan West Ham pada 2014.

Ia pernah bermain secara profesional untuk beberapa klub, termasuk Manchester City, Bolton dan Oldham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement