Sabtu 03 Feb 2018 11:16 WIB

Manajemen Persib Belum Memutuskan Nasib Essien

Manajemen masih menunggu rekomendasi dari pelatih Persib Mario Gomez.

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Ratna Puspita
Michael Essien (tengah)
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Michael Essien (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengatakan sampai saat ini belum ada kepastian terkait nasib Michael Essien. Hal tersebut terkait dengan kabar Essien bakal didepak untuk mengakomodir pemain asing baru yang akan direkrut.

"Manajemen (masih) menunggu rekomendasi dari pelatih (Mario Gomez)," ucap Kuswara pada Sabtu (3/2). 

Dalam regulasi PSSI, klub peserta Liga 1 hanya diperbolehkan memboyong tiga pemain asing dari negara manapun plus seorang pemain asing asia. Sampai saat ini, kuota tersebut sudah dipenuhi Maung Bandung.

Persib memiliki Bojan Malisic asal Sebria yang berposisi sebagai stoper, penyerang Ezechiel N'Douassel, dan Essien. Maung Bandung juga diperkuat oleh gelandang asal Korea Selatan, Oh In-kyun. 

Beberapa waktu lalu, tim pelatih Persib sempat mengatakan mereka hendak merekrut enam pemain baru. Salah satunya yakni striker berkebangsaan Argentina, Jonathan Bauman.

Kehadiran Bauman tentu akan mengorbankan salah satu pemain asing yang saat ini sudah ada di dalam skuat asuhan Mario Gomez. 

Asisten pelatih Persib, Fernando Soler pun tak menampik bahwa ada kemungkinan Essien tidak lagi melanjutkan kebersamaan dengan Supardi cs.

"Ada yang menanayakan kalau masuk pemain asing, bagaimana yang lama? Memang ada batasan slot. Jadi, kalau ada yang mau masuk satu, pelatih punya pertimbanhan pemain yang tidak akan diteruskan," kata Kuswara.

Kuswara mengaku, sampai saat ini pelatih belum menyampaikan resmi soal nasib Essien. Dia menambahkan manajemen akan mempertimbangkan rekomendasi terkait mempertahankan atau tidak mempertahankan pemain. "Tidak serta merta begitu saja (dilepas)," tambahnya.

Essien yang merupakan pemain marquee pun menimbulkan tanda tanya terkait dengan popularitasnya yang bisa mengundang sponsor. Kendati demikian, Kuswara tidak ingin bergantung hanya pada sosok pemain yang pernah merumput di klub Chelsea tersebut.

"Siapapun pemainnya tentu kami harapkan membawa atmosfer positif bagi klub. Soal ada sudut positif lain kami syukuri saja," katanya.

Sampai saat ini, Kuswara mengatakan, Essien masih sesuai kontrak. Durasi kontrak masih tersisa setahun. Hanya saja, ia sedang mengalami cedera sehingga absen dalam setiap latihan Persib belakangan ini. "Kita percayakan saja pelatih untuk menukangi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement