Ahad 04 Feb 2018 06:08 WIB

Kesempatan Barcelona Perpanjang Tren Kemenangan

Barcelona masih kokoh dipuncak klasemen dengan mengoleksi 57 poin.

Rep: Lintar Satria/ Red: Budi Raharjo
Ernesto Valverde
Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Ernesto Valverde

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Barcelona dijamu Espanyol pada pekan ke-22 La Liga, pada Ahad (4/2). Masih belum terkalahkan di La Liga tentu Barcelona ingin memperpanjang tren positif mereka. Tim asuhan Ernesto Valverde pastinya kembali membidik kemenangan pada Derby Catalunya ini.

Di 21 pertandingan La Liga sebelumnya Barcelona tampil dengan performa prima. Masih kokoh dipuncak klasemen mereka sudah mengoleksi 57 poin. Pesaing terdekat mereka Atletico Madrid pun masih terpaut 11 poin. Untuk bisa merebut kembali gelar La Liga mereka harus mempertahankan hasil positif sampai akhir musim.

Sementara Espanyol berada di peringkat lima belas di klasemen sementara La Liga. Tim asal Katalunya ini baru mengumpulkan 24 poin. Mereka masih belum bisa menampilkan performa terbaik mereka pada musim ini.

Espanyol sudah mengalami sembilan kali kekalahan, mendapatkan enam hasil seri dan baru enam kali meraih kemenangan. Berbeda dengan Barcelona yang memenangkan empat pertandingan di lima laga terakhir mereka. Espanyol hanya berhasil menang satu kali dari lima laga terakhir mereka.

Espanyol juga belum meraih kemenangan di tiga pertandingan terakhir mereka. Tim asuhan Quique Flores tersebut baru saja mengalami tiga kekalahan beruntun.

Karena itu pertandingan ini menjadi kesempatan Barcelona untuk memperpanjang tren positif mereka. Tapi Barcelona tetap harus berhati-hati dengan Espanyol.

Barcelona baru satu kali kalah pada musim ini dan kekalahan itu mereka rasakan saat bertandang ke markas Espanyol pada Copa del Rey 18 Januari lalu. Tentu Barcelona tidak mau mengulang kekalahan di Stadion RCDE.

Laga ini menjadi pertemuan keempat kedua klub pada musim ini. Pada pertemuan pertama di La Liga musim ini, Barcelona berhasil menang telak di Camp Nou dengan skor 5-0. Sempat kalah di leg pertama tapi Barcelona berhasil mengalahkan Espanyol dengan aggregat 2-1 di Copa del Rey.

Barcelona juga harus berhati-hati dengan padatnya jadwal pertandingan mereka. Hanya beristirahat tiga hari setelah mengalahkan Valencia 1-0 di Copa del Rey Valverde harus mencari cara membuat pemain-pemainnya tetap prima pada pertandingan ini.

"Kami memiliki banyak pertandingan pada bulan ini, jika dilihat dari jeda waktunya, tidak banyak ruang antara satu pertandingan ke pertandingan lainnya," kata Valverde seperti dilansir dari Marca, Sabtu (3/2).

Pada pertandingan kali ini Barcelona juga tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Ousmane Dembele dan Thomas Vermaelen kemungkinan harus absen karena mengalami cedera.

Selain itu Andre Gomes juga diperkirakan tidak bisa bermain karena sedang sakit. Valverde pun sudah memastikan akan beberapa perubahan pada Derby Catalunya ini. "Pada Derby hari Sabtu kami akan melakukan beberapa perubahan," kata Valverde.

Valverde sepertinya akan mengistirahatkan Lionel Messi pada laga ini. Ia sempat berkata Barcelona tidak boleh terlalu bergantung pada peraih lima Ballon d'Or tersebut.

Sementara itu Espanyol juga tidak bisa menjamu Barcelona dengan kekuatan penuh. Karena mereka harus kehilangan Jose Manuel Jurado dan Pablo Piatti pada laga ini karena cedera.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement