Selasa 06 Feb 2018 05:50 WIB
Asian Games 2018

Latihan Keras Antar Avan Tembus Timnas Basket Senior

Ia terpilih masuk skuat tim nasional yang tampil pada test event Asian Games 2018.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Avan Seputra (kanan).
Foto: Dok IBL
Avan Seputra (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Latihan keras yang dilakoni shooting guard Satria Muda Pertamina Avan Seputra tidak sia-sia. Ia akhirnya terpilih masuk dalam skuat tim nasional yang akan tampil pada test event Asian Games 2018 cabang basket pada 8-12 Februari 2018 di Gedung Basket Senayan, Jakarta.

Avan dipanggil oleh pelatih Fictor Roring menggenapi 12 pemain. Ini merupakan kali pertama ia terpilih di tim nasional senior. Sebelumnya Avan pernah memperkuat timnas basket Indonesia untuk kelompok umur 18 tahun pada 2012.

"Ini pertama saya masuk tim nasional senior, senang dapat memperkuat tim nasional. Saya berharap tidak sampai sini saja, tetapi juga tetap dipercaya membela timnas saat Asian Games 2018 serta SEA Games 2019 dan lainnya" kata Avan kepada Republika.co.id, Senin (5/2).

Selain latihan reguler bersama SM Pertamina, Avan menambah beban latihan sendiri baik sebelum maupun setelah latihan bersama tim. Menu latihannya antara lain ball handling, bertahan satu lawan satu, hingga mengasah tembakan. 

Usaha kerasnya kini tidak sia-sia. Avan yang di SM Pertamina menggunakan jersey nomor 23 ini akan membela timnas basket pada test event Asian Games 2018 nanti.

"Besok (Selasa) rencananya timnas basket akan latihan perdana. Untuk test event ini saya akan berusaha tampil terbaik jika dipercaya bermain oleh pelatih. Untuk posisi saya lebih nyaman sebagai shooting guard, untuk point guard saya masih kurang pengalaman, banyak yang lebih bagus dan pengalaman dari saya," ujarnya.

Selain Avan, pemain yang akan berlaga di test event Asian Games 2018 cabang basket, yakni Andakara Prastawa, Arki Dikania Wisnu, Christian Ronaldo Sitepu, Adhi Pratama, Kevin Yonas Sitorus, Daniel Wenas, Xaverius Prawiro, Respati Ragil Pamungkas, Valentino Wuwungan, Kaleb Ramot Gemilang, dan pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson.

Test event Asian Games 2018 cabang basket akan diikuti empat negara, yakni India, Thailand, Timor Leste dan tuan rumah Indonesia. Turnamen akan menggunakan sistem round robin, dengan dua peringkat teratas akan bertemu kembali pada partai final. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement