Kamis 08 Feb 2018 19:55 WIB

Susi Susanti Apresiasi Penampilan Tim Putri

Indonesia juara Grup Z Kejuaraan Beregu Asia 2018 usai tekuk Cina di laga terakhir.

 Mantan Atlet Bulutangkis tunggal putri Susi Susanti melakukan sesi foto saat ditemui di Pusat Pelatihan Bulutangkis, Cipayung, Jakarta Timur (30/3)
Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Mantan Atlet Bulutangkis tunggal putri Susi Susanti melakukan sesi foto saat ditemui di Pusat Pelatihan Bulutangkis, Cipayung, Jakarta Timur (30/3)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Susi Susanti, mengapresiasi penampilan tim putri Indonesia yang menjadi juara Grup Z di Kejuaraan Beregu Asia 2018. Indonesia menjadi juara Grup Z usai membukukan kemenangan atas Cina 3-2 di pertandingan pamungkas fase penyisihan grup di Stadion Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, Kamis (8/2).

 

"Ini baru langkah awal, kami harus tetap fokus dan konsisten di pertandingan-pertandingan selanjutnya. Kemenangan ini menjadi satu penyemangat untuk tim putri," kata Susi dalam keterangan resmi PP PBSI yang diterima di Jakarta.

Ia mengatakan strategi mengambil dua kemenangan ganda dan satu kemenangan tunggal dapat berjalan dengan baik. Fitriani yang turun di tunggal pertama, punya rekor sekali kemenangan atas Chen Yufei, tunggal putri andalan China. Sementara Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan diturunkan karena belum memiliki catatan rekor pertemuan dengan He Bingjiao dan Chen Xiaoxin.

Dari tipe permainan, Gregoria dan Ruselli pun dinilai yang paling sesuai untuk menghadapi ganda tim lawan. "Dari tiga tunggal, Fitri yang dapat poin. Setelah di Indonesia Masters dia bisa mengimbangi Ratchanok (Intanon), sepertinya ini menambah keyakinan dia," ujar Susi.

Di nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris dapat menjalankan tugas dengan baik meskipun laga Rizki/Della diwarnai ketegangan karena harus berakhir dengan tiga gim dan adu setting (deuce) melawan pasangan muda China.

"Ganda putri memang mengemban tanggung jawab yang berat. Ini team event, Rizki/Della jadi penentu pula. Saya lihat memang ada ketegangan, lawannya pasangan muda yang permainannya cukup alot. Rizki/Della akhirnya bisa lepas dari ketegangan itu," tutur Susi.

Susi juga melihat kali ini tim putri bisa main tanpa beban, tapi masih punya kemauan untuk menang. Semangat dan kerja keras yang ditunjukkan membuahkan hasil.

"Setelah sekian lama terpuruk, saya rasa kemenangan atas tim Cina ini bisa jadi modal bagi pemain-pemain putri kita untuk memperbaiki diri untuk bisa masuk ke jajaran elite," ujarnya.

Adapun hasil lengkap pertandingan fase penyisihan grup Z antara Indonesia melawan China adalah:

1. Fitriani - Chen Yufei 16-21, 21-12, 21-15

2. Greysia Polii/Apriyani Rahayu - Du Yue/Li Yinhui 21-18, 21-12

3. Gregoria Mariska Tunjung - He Bingjiao 21-23, 10-21

4. Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris - Cao Tong Wei/Yu Zheng 21-14, 19-21, 23-21

5. Ruselli Hartawan - Chen Xiaoxin 17-21, 17-21

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement